7 Cara Membuat Ruangan Sejuk Tanpa AC

Ruangan Sejuk tanpa AC | gardens.id – Menjelang musim kemarau, kita tentu harus bersiap-siap dengan cuaca yang akan jauh lebih panas. Nah, jika di rumah kamu tidak ada AC (air conditioner), kamu sebenarnya tak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk membelinya. Ada beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan untuk membuat ruangan sejuk tanpa AC. Yuk, simak beberapa tipsnya.

Gunakan Tirai Tebal

Sinar terik matahari tentu dapat menjadi sumber panas yang tidak diinginkan. Maka dari itu, pasanglah tirai berukuran tebal pada jendela untuk menangkal masuknya panas matahari ke dalam ruangan. Jika perlu, pilihlah tirai jenis blackout yang memiliki kemampuan menginsulasi panas di dalam suatu ruangan.

Tutup Ruangan yang tidak Digunakan

Saat musim kemarau, pastikan jangan terlalu banyak membuka pintu ruangan di dalam rumah. Sebab, jika semua pintu di dalam rumah terbuka, udara sejuk akan terbagi menyebar ke seluruh bagian rumah sehingga tingkat kesejukkan di masing-masing ruangan akan berkurang. Jadi, tutuplah ruangan yang sedang tidak disinggahi agar kamu bisa merasakan kesejukkan lebih di ruangan lainnya.

Lakukan Trik Khusus pada Kipas Angin

Bagi kamu yang punya kipas angin di rumah, ada trik khusus agar udara yang dihembuskan bisa sedingin AC. Caranya adalah dengan menaruh semangkuk es batu di depan kipas angin. Dengan cara ini, otomatis udara yang dibawa oleh kipas angin akan menyatu dengan dinginnya es batu, sehingga memberikan nuansa sejuk yang sempurna.

Tidur di Bawah

Permukaan lantai memang terkenal sejuk. Jadi, supaya kamu tidak merasa kepanasan saat tidur, ada baiknya kamu turunkan matras ke atas permukaan lantai. Selain dapat memberikan hawa sejuk, penempatan matras di atas lantai juga menawarkan banyak keunggulan lho, terutama dari segi kenyamanan dan keamanan.

Ganti Lampu

Apabila kamu masih menggunakan lampu jenis bohlam di dalam rumah, saatnya kamu coba menggantinya dengan lampu berjenis CFL (compact fluorescent lamps). Selain bisa menyerap energi panas dan membuat ruangan menjadi lebih sejuk, penggunaan lampu jenis CFL juga dinilai lebih hemat listrik, lho,

Pasang Kipas Gantung atau Exhaust Fan

Sebagai alternatif penggunaan AC, kamu bisa memasang kipas gantung dan mengatur putarannya sehingga melawan arah jam. Metode ini dianggap dapat memberikan efek angin yang jauh lebih sejuk dan kencang, lho. Pasang juga exhaust fan dengan posisi menghadap ke jendela luar. Kipas ini berguna untuk menyaring serta mengeluarkan udara panas dari dalam ruangan.

Gunakan Bahan Katun

Saat udara sudah mulai terasa panas, itu berarti saatnya kamu menggunakan bahan katun untuk segala jenis perlengkapan di rumah, misalnya, kain sprei, sarung bantal, atau bahkan pakaian yang dikenakan. Dengan kesejukkan alami dari bahan katun, dijamin kamu akan dapat tetap merasa nyaman di kala musim kemarau.

Nah, tak perlu khawatir merasa kepanasan jika kamu tinggal di lingkungan yang hijau dan asri, seperti di Gardens at Candi Sawangan. Sebagai sebuah kota mandiri persembahan Grha Candi Golf Group, Gardens at Candi Sawangan menghadirkan konsep kawasan hunian asri dan modern dengan sustainable development. Selain dikelilingi lingkungan hijau yang rimbun, perumahan ini juga memiliki akses terbaik di kawasan Depok dengan berbagai fasilitas dan harga yang menjanjikan. Sebuah hunian nyaman sekaligus investasi menarik untuk masa depan. 

Berpikir untuk membeli rumah di Gardens at Candi Sawangan? Dapatkan informasi dan penawaran menarik melalui telp (021) 7470 7959, WhatsApp 0812 9360 6612, atau email : marketing@gardens.id, dan kunjungi website www.gardens.id

 

Sumber: Huffpost

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hubungi Kami

Kantor Pemasaran
  • Jl. Cinangka Raya, Sawangan, Depok
  • (021) 7470 7959
  • marketing@gardens.id
  • 0812 9360 6612
Jam Operasional

09.00 – 17.00 WIB
Senin – Minggu

*Developer berhak mengadakan perubahan desain dan atau spesifikasi teknis sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Presentasi visual dalam brosur hanya bersifat untuk penyajian.