8 Tips Memiliki Hunian Sehat dan Bebas Penyakit

Tips Memiliki Hunian Sehat | gardens.idDi tengah pandemi ini, kesehatan keluarga menjadi aspek yang tak ternilai harganya. Maka dari itu, tidak hanya saat di luar rumah saja, kesehatan di dalam lingkungan rumah juga tetap harus dijaga. Nah, apa sih yang bisa kita lakukan agar hunian terbebas dari sarang penyakit? Simak beberapa tips memiliki hunian sehat berikut ini.

Terapkan Gaya Minimalis

Hunian yang memiliki banyak furnitur tentu akan lebih sulit dibersihkan. Hal ini dapat meningkatkan potensi bersarangnya kuman dan bakteri di dalam rumah, apalagi jika furnitur ditempatkan pada sudut-sudut yang sulit dijangkau. Solusinya, terapkan desain interior yang minimalis agar rumah dapat lebih mudah dibersihkan.

Tambahkan Tanaman Hijau

Tak dapat dipungkiri lagi, keberadaan tanaman hijau dapat membuat hunian menjadi lebih sehat. Tumbuhan hijau senantiasa menyerap karbondioksida yang ada di dalam ruangan serta memproduksi oksigen. Selain itu, tanaman juga mampu menyerap racun pada udara di dalam rumah, lho. 

Perhatikan Ventilasi Udara

Hunian yang sehat tentu memiliki sirkulasi udara yang baik. Kualitas sirkulasi udara ini akan bergantung pada sistem ventilasi udara yang ada di dalam rumah. Ventilasi yang baik akan senantiasa membawa udara segar ke dalam ruangan. Nah, sistem ventilasi ini juga harus disesuaikan dengan iklim, ukuran dan ketahanan bangunan, serta jumlah penghuni, ya.

Biasakan Buka Alas Kaki

Budaya yang satu ini memang sudah sering diterapkan oleh masyarakat Indonesia. Bukan hanya sebatas kebiasaan turun-temurun, membuka alas kaki saat memasuki rumah juga ternyata dapat membuat rumah menjadi lebih sehat, lho. Sebab, sepatu dapat membawa bakteri serta racun dari luar ke dalam rumah.

Hemat Energi

Kebutuhan gas untuk memasak memang tak dapat dihindari. Namun, gas ini ternyata mengeluarkan zat-zat yang cukup berbahaya bagi tubuh, lho. Jadi, sebaiknya kurangilah penggunaan energi gas dan listrik di dalam rumah. Selain itu, gunakan juga exhaust fan untuk membuang udara kotor dari dalam ruangan.

Gunakan Bahan Pembersih Alami

Tanpa kita sadari, berbagai jenis pewangi serta pembersih ruangan yang ada di rumah mengandung VOC (Volatile Organic Compounds), lho. Zat ini sendiri sangat berbahaya untuk kesehatan. Oleh karena itu, sudah saatnya produk-produk tersebut kita tinggalkan. Solusinya, gunakanlah bahan-bahan pembersih alami, seperti misalnya cuka atau baking soda.

Cegah Tumbuhnya Jamur

amur senang tumbuh di lingkungan yang lembap. Nah, jika hunianmu tidak memiliki sistem insulasi yang baik, jamur akan berkembang biak dengan cepat serta merusak struktur bangunan. Kondisi rumah yang lembap juga bisa mengundang hama dan serangga yang tidak diinginkan, lho. Jadi, untuk mencegahnya, mulailah perbaiki bagian saluran air yang bocor. 

Pilih Furnitur Bebas Racun

Tak sedikit furnitur yang dirancang dengan bahan flame retardant (tahan api). Bahan ini mulai muncul pada abad ke-17 mengingat banyaknya kasus kebakaran pada masa itu. Namun, belakangan ini, ditemukan bahwa bahan flame retardant ternyata mengandung racun yang dapat memicu kanker. Maka dari itu, pastikan furnitur di rumah kamu terbebas dari bahan ini.

Nah, sebagai sebuah kota mandiri persembahan Grha Candi Golf Group, Gardens at Candi Sawangan menghadirkan konsep kawasan hunian yang sehat, asri dan modern dengan sustainable development. Selain dikelilingi lingkungan hijau yang rimbun, perumahan ini juga memiliki akses terbaik di kawasan Depok dengan berbagai fasilitas dan harga yang menjanjikan. Sebuah hunian nyaman sekaligus investasi menarik untuk masa depan. 

Ingin memiliki hunian sehat di Gardens at Candi Sawangan? Dapatkan informasi dan penawaran menarik melalui telp (021) 7470 7959, WhatsApp 0812 9360 6612, atau email : marketing@gardens.id, dan kunjungi website www.gardens.id.

Sumber: Tree Hugger

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Hubungi Kami

Kantor Pemasaran
  • Jl. Cinangka Raya, Sawangan, Depok
  • (021) 7470 7959
  • marketing@gardens.id
  • 0812 9360 6612
Jam Operasional

09.00 – 17.00 WIB
Senin – Minggu

*Developer berhak mengadakan perubahan desain dan atau spesifikasi teknis sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Presentasi visual dalam brosur hanya bersifat untuk penyajian.