5 INSPIRASI DEKORASI HALAMAN RUMAH

Halaman rumah yang asri dan indah tentunya menjadi kebahagiaan tersendiri bagi penghuninya. Selain untuk memanjakan mata, meningkatkan kreativitas dan melepas kepenatan, halaman rumah juga berfungsi sebagai ruang terbuka hijau yang berperan dalam memperbaiki kualitas udara di sekitar rumah. Sebelum memulai mendekorasi, sebaiknya Anda terlebih dahulu menentukan konsepnya, memilih tanaman, serta menyusun anggaran. Berikut ini beberapa inspirasi dekorasi halaman rumah yang dapat Anda coba:

1. Japanese Zen

Ingin menciptakan ketenangan di dalam rumah? Anda bisa mencoba dekorasi halaman yang satu ini, Japanese zen. Konsep Japanese zen garden berasal dari taman yang ada di kuil-kuil Buddha di Jepang. Zen garden pada dasarnya merupakan taman kering yang berfungsi untuk relaksasi, meditasi, dan kontemplasi. Dalam bahasa Mandarin, zen artinya ‘keadaan meditasi’. Elemen yang ada pada zen garden biasanya didominasi oleh batu alam, kerikil, dan pasir. Pada zen garden, batu merepresentasikan pulau-pulau dan pasir yang diberi bentuk garis-garis melengkung menyerupai ombak menggambarkan lautan. Tak hanya bebatuan dan pasir, Anda juga bisa menambahkan tumbuhan hijau seperti lumut atau rumput semak untuk menambah warna, serta kolam kecil untuk menambah tranquility.

2. Tropical

Ciptakan suasana Pulau Dewata di rumah dengan dekorasi halaman bergaya tropis. Jika Anda tinggal di daerah perkotaan yang cenderung panas dan lembab, taman berkonsep tropis bermanfaat memberikan lebih banyak udara segar serta membuat rumah menjadi lebih sejuk. Untuk mengikuti nuansa hutan hujan tropis, Anda bisa menghiasnya dengan berbagai tanaman hijau berdaun lebar seperti Monstera, Philodendron, Kadaka, Sansevieria, kaktus, serta rerumputan hias untuk menutupi tanah. Atau apabila lahannya cukup luas, Anda bisa menambahkan pohon palem dan pohon pisang. Lengkapi juga dengan elemen air berupa kolam ikan atau air terjun kecil.

3. Mediterranean

Taman atau halaman bergaya Mediterania berasal dari suasana pedesaan di Prancis, Yunani, Spanyol dan Italia. Taman dengan dekorasi ala Mediterania ini menciptakan kesan yang elegan, klasik juga artistik. Pada umumnya, taman yang mengusung konsep Mediterania menggabungkan unsur warna tanah yang cerah (krem, koral, terakota), jalan setapak berkerikil atau berbatu, ubin berpola, dan pagar tanaman. Selain itu, taman Mediterania juga khas dengan bunga Lavender, Bougenville, Succulents, atau tanaman herbal seperti Rosemary dan Sage. Anda juga bisa menambah dekorasi berupa kursi-kursi kayu atau kolam ikan sebagai tempat bersantai bersama keluarga.

4. Bohemian

Dekorasi halaman selanjutnya yang patut dicoba adalah ala Bohemian. Selain sebagai ruang terbuka hijau, taman bergaya Bohemian juga cocok digunakan untuk berkumpul bersama keluarga. Gabungan antara detail warna-warni perabotan (karpet permadani, bantal, kursi, hammock) dan warna hijau tanaman yang menarik dapat memanjakan kedua mata serta memberikan energi positif. Anda dapat pula menambahkan dekorasi berupa lampu-lampu gantung untuk penerangan di malam hari.

5. Modern Minimalist

Gaya minimalis pada halaman rumah cocok untuk Anda yang menyukai kesederhanaan. Terutama apabila lahannya terbatas, penerapan taman bergaya minimalis ini lebih mudah. Taman berkonsep minimalis biasanya didominasi dengan rerumputan yang dikombinasikan dengan bebatuan dan jalan setapak. Jika di sekitar taman ada dinding, Anda bisa menambahkan dekorasi berupa tanaman merambat atau pot-pot tanaman yang digantung.

Itulah beberapa ide dekorasi halaman atau taman yang bisa Anda terapkan di rumah. Selain memperindah hunian, taman sebagai area terbuka hijau juga bermanfaat untuk memperbaiki kualitas udara. Wujudkan rumah impian Anda dan keluarga bersama Gardens at Candi Sawangan. Anda tak perlu khawatir karena ada berbagai pilihan tipe rumah yang sudah dilengkapi dengan ruang terbuka hijau. Cocok sekali untuk para milenial yang baru mulai berkeluarga. Tak hanya itu, perumahan gardens juga bertempat di lokasi yang strategis, dilengkapi fasilitas yang memadai, akses dan mobilitas yang mudah, serta dikelilingi lingkungan yang asri dan nyaman. Untuk informasi selengkapnya, Anda bisa menghubungi nomor berikut ini (021) 7470 7959 maupun 0812 9360 6612 (WA) atau Anda juga bisa kunjungi official website Gardens di sini.

Sumber: Pretty Purple Door, Prospeku, Garden Center, Garden Design, archify, Homes and Gardens, HOMEBASE