kamila tipe 47

5 Tips Membersihkan dan Merawat Rumah di Musim Hujan

gardens.id – Tak terasa akhir tahun 2021 sudah di depan mata, artinya musim hujan pun telah tiba. Musim hujan kerap kali menimbulkan beberapa masalah, maka dari itu menjaga kebersihan dan merawat rumah sangat penting untuk dilakukan. Dengan memperhatikan kebersihan rumah, Anda juga dapat menjaga kesehatan diri dan keluarga. Lalu bagaimana cara yang benar untuk menjaga kebersihan rumah selama musim hujan? Berikut ini beberapa tips nya:

1. Atap rumah

Pertama-tama, periksa kondisi atap dan langit-langit rumah. Pastikan tidak ada genting rumah yang pecah ataupun terdapat celah di antaranya. Di dalam rumah, pastikan langit-langit rumah jauh dari retak dan kerusakan. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari kebocoran ketika hujan turun.

2. Tambal dinding

Retakan pada dinding rumah biasanya muncul karena perubahan cuaca dari musim panas ke musim hujan. Retakan ini bisa menyebabkan rembesan air hujan masuk ke dalam rumah. Maka dari itu, Anda sebaiknya segera periksa dinding dan segera perbaiki bila menemukan retakan. Lapisi dinding rumah dengan cat pelapis anti bocor agar aman selama musim hujan. 

3. Sirkulasi udara

Musim hujan juga bisa menyebabkan rumah terasa lembab. Kelembaban ini bisa menimbulkan tumbuhnya jamur pada dinding rumah, plafon, bahkan furnitur-furnitur (terutama yang terbuat dari kayu) yang ada di dalam rumah. Untuk mencegah hal tersebut, pastikan rumah Anda memiliki sirkulasi atau perputaran udara yang baik.

4. Saluran air

Aliran air selama musim hujan tentunya akan besar. Untuk mencegah banjir di sekitar rumah, pastikan tidak ada tumpukan sampah yang menghambat saluran air.

5. Lantai rumah

Untuk menjaga agar lantai rumah tetap bersih, sediakan rak sepatu dan rak khusus barang-barang yang basah di depan rumah. Selain itu, untuk menjaga kebersihan lantai dari kuman, Anda bisa menggunakan disinfektan secara rutin selama musim hujan.

Itulah 5 tips menjaga kebersihan dan merawat rumah selama musim hujan. Tak hanya agar rumah tetap bersih dan terawat, tetapi agar kesehatan penghuni rumah juga terjaga. Pastikan untuk rajin mencuci tangan dan kaki sehabis beraktivitas di luar rumah. Wujudkan hunian impian Anda di Gardens at Candi Sawangan. 

Ada berbagai pilihan tipe rumah dengan gaya minimalis yang mengkombinasikan fungsi dan estetika. Tak hanya dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai di sekitarnya, Gardens at Candi Sawangan juga bertempat di lokasi yang strategis, akses dan mobilitas yang mudah, serta dikelilingi lingkungan yang asri dan nyaman. Untuk informasi selengkapnya, Anda bisa menghubungi nomor berikut ini (021) 7470 7959 maupun 0812 9360 6612 (WA) atau Anda juga bisa kunjungi official website Gardens di sini.

Sumber: POPMAMA, IDEA, klikdokter