Ilustrasi bekerja dari rumah
|

8 Tips Mengatur Ruangan Agar Bekerja dari Rumah Lebih Efektif

Apakah kamu saat ini masih harus bekerja dari rumah? Meski kasus COVID 19 sudah semakin menurun, namun banyak perusahaan yang masih menerapkan Work From Home (WFH) kepada karyawannya. 

Tidak seperti di kantor, tentu bekerja dari rumah memiliki tantangannya tersendiri. Apalagi jika rumah kamu awalnya tidak didesain untuk bekerja. Meski begitu, beberapa tips dibawah ini bisa membantu kamu untuk mengatur ruangan agar WFH jadi lebih produktif.

Mulai dari memilih desain yang sesuai dengan preferensi, hingga mengaplikasikan desain ala  feng shui, berikut 8 tips mengatur ruangan agar kamu dapat bekerja dari rumah dengan lebih efektif.

Baca juga: 5 Tren Desain Home Living Populer di 2022

1. Pilih Jenis Kursi yang Ergonomis

Kursi ergonomis merupakan salah satu cara untuk mengatur ruangan agar bekerja dari rumah lebih efektif
Sumber: unsplash

Karena kamu akan menghabiskan waktu berjam-jam untuk duduk, tentu pemilihan kursi yang tepat merupakan hal yang krusial. Oleh karena itu, cobalah untuk memilih jenis kursi yang ergonomis.

Selain menunjang kenyamanan kamu saat bekerja dari rumah, kursi ergonomis juga bisa mencegah masalah kesehatan seperti nyeri tulang belakang. 

Lalu, apa saja ciri-ciri kursi yang termasuk ergonomis? Yang pertama, ketinggian kursi harus mudah disesuaikan. Cobalah untuk mengatur ketinggian kursi agar kaki kamu rata di lantai, dengan posisi paha yang horizontal serta tangan yang selaras dengan meja. Yang kedua, kursi tersebut harus memiliki lebar dan kedalaman yang tepat untuk menopang kamu dengan nyaman.

2. Terapkan Desain yang Kamu Suka

Mengaplikasikan preferensi desain merupakan salah satu cara untuk mengatur ruangan untuk bekerja dari rumah
Sumber: unsplash.com

Memilih desain ruangan kerja sesuai dengan preferensi pribadi akan meningkatkan produktivitas kamu. Selain itu, hal ini juga dapat membuat kamu lebih nyaman dalam bekerja.

Cobalah tanyakan pada dirimu sendiri, apa sebenarnya tipe desain interior yang kamu suka? Apakah itu minimalis, urban decor, art deco, shabby chic, atau modern country?

Selain tipe desain interior, kamu juga dapat menambahkan elemen favoritmu. Seperti lukisan, foto, gantungan macrame, dan lain-lain. Sentuhan kecil namun personal ini dapat membuat kamu lebih betah saat bekerja.

3. Aplikasikan Feng Shui pada Desain Ruangan Kerja Kamu

Mengaplikasikan feng shui merupakan salah satu cara untuk mengatur ruangan agar bekerja dari rumah lebih efektif.
Sumber: istockphoto.com

Apakah selama ini ruangan kerja yang kamu miliki malah membuat kamu malas bekerja? Jika iya, cobalah untuk mengatur ulang ruangan ini dengan feng shui. 

Feng shui merupakan sebuah filosofi yang menerapkan penataan ruang dengan keseimbangan energi. Para praktisi feng shui percaya jika energi positif berasal dari aliran chi yang baik. 

Jadi, jika selama ini ruangan kerja kamu ternyata malah menghalangi energi positif, kamu harus segera menata ulang. Menurut feng shui, hal yang penting dalam penataan ruangan adalah dengan membuat meja kerja dalam posisi ‘komando’. 

Untuk menerapkan posisi ini, punggung kamu tidak boleh menghadap ke pintu. Ketimbang bukaan seperti pintu ataupun jendela, cobalah untuk mengatur kursi agar posisi kamu membelakangi material yang kuat seperti tembok yang solid.

4. Ubah Ruangan Kerja dengan Warna Hijau

Warna hijau merupakan salah satu cara untuk mengatur ruangan agar bekerja dari rumah lebih efektif.
Sumber: unsplash.com

Memilih warna yang tepat untuk ruangan kamu dapat meningkatkan kreatifitas dan produktifitas. Menurut feng shui, warna hijau kerap diasosiasikan dengan pertumbuhan dan ketegasan. Selain itu, hijau juga membawa perasaan yang lebih kalem.

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh University of Munich, warna hijau juga dapat meningkatkan kreativitas. Dengan banyaknya manfaat warna hijau untuk produktivitas, cobalah untuk menerapkannya pada ruangan kerja kamu.

Namun, jika ternyata kamu tidak suka untuk mengecat seluruh ruangan dengan warna hijau, cobalah untuk menggantinya dengan warna aksen hijau. Tak hanya cat, tanaman ataupun aksesoris lain yang berwarna hijau juga dapat membantu hal ini.

Baca juga: 5 Inspirasi Dekorasi Halaman Rumah

5. Atur Ruangan Kerja Agar Bisa Mendapatkan Pencahayaan Alami

Pencahayaan alami merupakan salah satu cara untuk mengatur ruangan agar bekerja dari rumah lebih efektif.
Sumber: unsplash.com

Pencahayaan yang tidak tepat dapat membuat mata kamu mudah ngantuk dan lelah. Hal ini akan menghambat produktivitas kamu saat bekerja dari rumah. Oleh karena itu, aturlah ruangan kamu agar kamu bisa mendapatkan pencahayaan yang alami.

Untuk mendapatkan pencahayaan yang natural, kamu bisa meletakan jendela yang menghadap utara. Memposisikan jendela seperti ini dapat membuat paparan sinar matahari yang melimpah masuk.

Selain itu, rona dari cahaya juga merupakan faktor penting yang harus kamu pertimbangkan. Cobalah untuk mengatur lampu agar sesuai dengan pekerjaan ataupun mood yang sedang kamu lakukan. 

6. Buat Ruanganmu Rapi dan Terogranisasir dengan Baik

Ruangan rapi merupakan salah satu cara untuk mengatur ruangan agar bekerja dari rumah lebih efektif.
Sumber: unsplash.com

Ruangan kerja yang tertata dengan rapi merupakan salah satu faktor penting dalam menunjang kegiatan kamu bekerja dari rumah. Hal ini dapat membuat kamu mampu berpikir dengan lebih jernih.

Untuk mewujudkan hal ini, langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengeluarkan barang yang tidak dibutuhkan lagi dari ruangan kerja. Cobalah untuk hanya meletakan barang yang penting saja di sekitar ruangan kerja.

Kamu bisa mengelompokan barang-barang ke dalam grup. Selain tertata rapi, pengelompokan barang juga dapat membantu kamu lebih mudah untuk menemukannya kembali. Kamu juga bisa memanfaatkan lemari arsip, keranjang dekoratif, dan lain-lan.

7. Pastikan Ruangan Kerjamu Jauh dari Gangguan

Membuat ruangan se-private mungkin merupakan salah satu cara untuk mengatur ruangan agar bekerja dari rumah lebih efektif.
Sumber: unsplash.com

Apakah kamu pernah mengalami gangguan dari anak kecil saat sedang zoom meeting? Gangguan dari luar seperti suara anjing, televisi, ataupun anggota keluarga lainnya dapat membuat produktivitas kamu terganggu. 

Oleh karena itu, buatlah ruangan kamu bebas dan jauh dari gangguan-gangguan ini. Cobalah untuk membuat ruangan se-private mungkin. Kamu bisa menempatkan ruangan kerja kamu di daerah paling tenang di rumah kamu.

Jika ternyata membuat ruangan private merupakan hal yang mustahil, kamu bisa memasang pembatas ruangan untuk mengurangi gangguan. Pasanglah tanda seperti “jangan ganggu” di depan pintu.

8. Hadirkan Kualitas Udara yang Baik

Kualitas udara yang baik merupakan salah satu cara untuk mengatur ruangan agar bekerja dari rumah lebih efektif.
Sumber: unsplash.com

Tahukah kamu jika lingkungan yang hijau serta kualitas udara yang baik dapat meningkatkan produktivitas? Lingkungan yang hijau dapat mengurangi paparan VOC (senyawa organik yang mudah menguap) serta CO2 (karbondioksida).

Pada kebanyakan rumah, dua bahan kimia ini memang punya volume yang rendah. Namun, jika kamu ingin meningkatkan kualitas udara dalam ruangan, ada beberapa hal kecil yang bisa dilakukan. Salah satunya, kamu bisa meletakan tanaman dalam ruangan.

Selain itu, untuk menghasilkan kualitas udara yang baik, kamu juga harus menjaga kebersihan dalam ruangan secara reguler. Cobalah untuk rajin menyedot debu agar kualitas udara dalam ruangan kamu lebih baik lagi.

Mengatur ventilasi agar mendapatkan udara segar juga akan sangat membantu. Ketimbang memakai AC, cobalah untuk membuka jendela atau menggunakan kipas langit-langit untuk meningkatkan sirkulasi udara.

Baca juga: 5 Kiat Desain Rumah Mewah dengan Budget Terbatas

Kesimpulan

Itulah beberapa tips dalam mengatur ruangan agar bekerja dari rumah jadi lebih efektif. Wujudkan rumah impian kamu dan keluarga bersama Gardens at Candi Sawangan; rumah pilihan para keluarga milenial.

Dikelilingi lingkungan hijau yang rimbun, Tak hanya dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai, Gardens at Candi Sawangan juga bertempat di lokasi yang strategis, akses dan mobilitas yang mudah, serta dikelilingi lingkungan yang asri dan nyaman. 

Untuk informasi selengkapnya, kamu bisa mengunjungi official website Gardens di sini.

Similar Posts