BELI RUMAH SECARA TUNAI ATAU KPR?

Memiliki rumah pribadi pastinya menjadi harapan semua orang, khususnya bagi generasi milenial yang sudah mulai memasuki usia pernikahan. Namun, sayangnya membeli rumah pertama agaknya merupakan hal yang sulit untuk dilakukan bagi kebanyakan generasi milenial. Selain kesulitan dalam mengumpulkan dana yang dibutuhkan, harga properti yang terus meningkat setiap tahunnya juga menjadi alasan utama mengapa mereka sulit membeli rumah. Ada dua mekanisme yang dapat ditempuh yaitu membeli rumah secara tunai atau dengan mencicil melalui KPR (Kredit Pemilikan Rumah). Tentunya kedua mekanisme ini memiliki keuntungan dan kerugian masing-masing. Berikut ini perbandingannya:

1. Harga Rumah

Jika dilihat dari segi harga, rumah atau hunian yang dibeli secara cash biasanya lebih murah dibandingkan dengan rumah yang dibeli melalui KPR. Mengapa? Karena cicilan yang harus dibayarkan untuk rumah KPR bisa saja bertambah setiap tahunnya disebabkan oleh suku bunga yang fluktuatif. Sehingga total harga rumah dengan KPR pun menjadi lebih mahal daripada harga rumah yang dibeli secara tunai.

2. Pengajuan serta Proses

Proses pembelian rumah secara tunai biasanya lebih cepat dibandingkan dengan KPR, karena tidak ada campur tangan dari pihak ketiga seperti bank. Anda dapat langsung melakukan transaksi dengan penjual rumah. Sementara itu, pengajuan rumah KPR terbilang cukup rumit karena Anda harus melewati serangkaian proses, bahkan pengajuan KPR Anda pun belum tentu disetujui oleh pihak bank. Namun, pembelian rumah dengan KPR biasanya dilengkapi dengan asuransi yang membebaskan Anda dari resiko tak terduga ketika masih mencicil. 

3. Kepemilikan Rumah

Membeli secara tunai tentunya membuat lebih tenang karena rumah tersebut sepenuhnya menjadi hak milik Anda. Anda Surat-surat rumah pun dapat langsung Anda miliki. Di sisi lain, rumah yang dibeli dengan KPR belum seutuhnya menjadi milik Anda. Biasanya surat-surat berharga seperti Sertifikat Hak Milik (SHM) akan ditahan oleh pihak bank sampai cicilan Anda lunas. Ditambah dengan kemungkinan rumah akan disita jika Anda sewaktu-waktu gagal membayar cicilan.

4. Sisa Tabungan

Modal yang besar dibutuhkan untuk membeli rumah secara tunai, sehingga tabungan Anda pasti akan terkuras banyak. Berbeda dengan hal tersebut, membeli rumah secara KPR tidak membutuhkan dana yang besar karena Anda hanya perlu membayar uang muka. Dengan cicilan yang terjangkau maka Anda masih memiliki sisa tabungan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan lainnya.


Jadi, apakah Anda sudah menentukan pilihan untuk membeli rumah secara tunai atau dengan KPR? Keduanya memiliki keuntungan dan kerugian masing-masing. Tidak perlu tergesa-gesa, pertimbangan dengan baik sesuai dengan budget yang Anda miliki. 

Wujudkan rumah impian Anda bersama keluarga di Gardens at Candi Sawangan yang memiliki fasilitas lengkap dan lokasi strategis. Ada berbagai promo menarik menunggu Anda! Untuk informasi selengkapnya, Anda bisa menghubungi nomor berikut ini (021) 7470 7959 maupun 0812 9360 6612 (WA) atau Anda bisa kunjungi official website Gardens di sini.

Sumber: liputan6Kumparan

MARKETING GALLERY
Jl.Cinangka Raya, Bojongsari
Sawangan Depok

OFFICE HOURS
KONTAK KAMI
FOLLOW US ON SOCIAL MEDIA