ilustrasi taman bermain

Manfaat Taman Bermain untuk Anak di Kawasan Rumah

Idealnya, perumahan yang baik itu menyediakan berbagai fasilitas maupun sarana pendukung untuk menunjang kehidupan para penghuninya. Salah satu fasilitas yang wajib dimiliki oleh sebuah perumahan adalah taman bermain untuk anak-anak. Meski tampak sederhana, namun sebenarnya tersedianya ruang gerak untuk anak-anak itu penting dan dapat memberikan dampak positif bagi pertumbuhan serta perkembangannya. Maka dari itu, tersedianya fasilitas berupa taman bermain untuk anak-anak kerap kali menjadi pertimbangan bagi calon penghuni dalam memilih tempat tinggal.

Foto: Freepik

Apa manfaat dari taman bermain anak-anak di sekitar kawasan rumah? Seperti yang kita ketahui, anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan menghabiskan lebih banyak waktunya untuk bermain. Oleh karena itu, anak-anak membutuhkan ruang bermain terbuka. Pada dasarnya, bermain merupakan salah satu bentuk pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan kognitif, emosi, dan sosial. Mulai dari usia di bawah 5 tahun, anak-anak dianjurkan untuk menghabiskan minimal selama 1 jam per hari untuk bermain di luar rumah karena dipercaya baik untuk kesehatan mental maupun fisik mereka. Berikut ini beberapa manfaat lainnya dari adanya taman bermain anak-anak di kawasan rumah:

1. Melatih anak untuk bersosialisasi

Di taman bermain tentunya seorang anak akan bertemu dengan anak-anak lainnya. Hal tersebut dapat melatih kemampuan anak untuk bersosialisasi. Ketika bermain mereka akan belajar bagaimana caranya bekerja sama, berempati dengan orang lain, dan bahkan mulai membangun pertemanan. Begitu seorang anak terbiasa bersosialisasi, maka ia akan menjadi lebih berani dan kepercayaan dirinya pun akan meningkat.

Foto: Freepik

2. Mengurangi ketergantungan anak terhadap gadget

Di masa yang serba digital, kemungkinan untuk seorang anak ketergantungan terhadap gadget itu memang besar. Namun, hal tersebut dapat dihindari dengan mengajak anak-anak ke taman bermain. Mengajak anak bermain ke ruang terbuka dengan udara yang segar lalu melakukan berbagai aktivitas fisik dapat memberikan dampak yang baik pada perkembangan otaknya. 

3. Mengasah kreativitas anak

Membiarkan anak bermain di ruang terbuka itu baik untuk mengasah kreativitasnya. Di taman bermain anak-anak bisa mencoba berbagai hal dan menghadapi tantangan-tantangan baru yang tidak bisa didapatkan saat bermain di dalam rumah. Hal tersebut juga akan mendorong anak untuk berani berimajinasi serta mengeksplorasi diri. 

Foto: Unsplash

4. Meningkatkan kesehatan fisik anak

Bermain di ruang terbuka juga dapat mendukung kesehatan anak secara keseluruhan. Jika dibandingkan dengan anak-anak yang lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah, anak yang bermain di luar rumah biasanya lebih aktif secara fisik. Selain itu, bermain di luar rumah juga mampu menjaga berat badan, mengurangi resiko terkena diabetes dan tekanan darah tinggi, serta meningkatkan kualitas tidur sehingga suasana hati anak pun menjadi lebih baik.

Gardens at Candi Sawangan selalu berkembang dan berusaha untuk menjadi kota mandiri yang terbaik. Gardens siap mendukung masa pertumbuhan dan perkembangan anak dengan menyediakan sarana bermain untuk anak-anak atau Kids Playground. Wujudkan rumah impian Anda dan keluarga bersama Gardens at Candi Sawangan; rumah pilihan para keluarga milenial. Ada berbagai pilihan tipe rumah dengan gaya modern kontemporer yang mengkombinasikan fungsi dan estetika. Tak hanya dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai, Gardens at Candi Sawangan juga bertempat di lokasi yang strategis, akses dan mobilitas yang mudah, serta dikelilingi lingkungan yang asri dan nyaman. Untuk informasi selengkapnya, Anda bisa menghubungi nomor berikut ini (021) 7470 7959 maupun 0812 9360 6612 (WA) atau Anda juga bisa kunjungi official website Gardens di sini.

Sumber: ALODOKTER, HaiBunda, Dancow, Fimela

Similar Posts