5 Karakteristik Interior Gaya Japandi

Gaya rumah minimalis seringkali menjadi pilihan banyak orang karena tampilannya yang bersih, rapi, dan sederhana. Salah satu gaya minimalis terbaru yang sedang populer khususnya di antara generasi milenial adalah gaya Japandi. Gaya ini cocok untuk para generasi milenial yang identik dengan kehidupan yang serba cepat dan praktis. Sesuai dengan namanya ‘Japandi’ (Japanese dan Scandinavian) merupakan sebuah interior yang menggabungkan antara Jepang dan Skandinavia. Keduanya memiliki konsep yang fokus pada kesederhanaan, kenyamanan, keindahan, dan elemen alami. Tak hanya sederhana dan estetik, gaya ini juga mengedepankan konsep multifungsi sehingga sangat cocok diterapkan pada ukuran unit rumah apapun.

Beberapa Karakteristik dari Gaya Japandi

1. Gaya Japandi Memiliki Palet warna netral

Gaya Japandi didominasi oleh penggunaan warna-warna netral yang alami. Biasanya dinding pada rumah-rumah bergaya Japandi berwarna putih, beige, krem, ataupun abu-abu muda. Penggunaan warna netral ini membuat rumah terlihat lebih cerah dan lapang. Warna netral ini juga bisa dikombinasikan dengan warna-warna pastel yang lembut. 

contoh gaya japandi

Foto: Freepik

2. Furnitur yang sederhana

Sesuai dengan konsepnya yang minimalis, gaya tersebut juga erat dengan penggunaan perabotan rumah yang sederhana. Sederhana di sini maksudnya berbagai furnitur yang bentuknya ramping, tanpa sudut, desainnya simpel, dan fungsional. Selain itu, furnitur yang digunakan identik dengan warna-warna light wood yang akan membuat rumah tampak lebih cerah.

3. Unsur alam

Karakteristik lainnya adalah menghadirkan unsur alam di dalam rumah. Penambahan unsur alam ini dapat dilakukan dengan menempatkan beberapa tanaman hijau di dalam ruangan. Selain membawa kesegaran ke dalam rumah, unsur ini juga menggambarkan keseimbangan antara manusia dengan lingkungan sekitarnya.

karakteristik unsur alam

Foto: Freepik

4. Open living space

Gaya Japandi juga identik dengan konsep open living space di mana penggunaan sekat di dalam rumah dikurangi. Konsep open living space pada gaya ini bisa dilakukan dengan menyatukan ruangan dapur, meja makan serta ruang keluarga. Konsep terbuka pada rumah ini juga berkaitan dengan pencahayaan alami dari penggunaan jendela-jendela berukuran besar. Dengan begitu, rumah akan tampak lebih terang dan luas.

5. Minim dekorasi

Sesuai dengan konsepnya yang mengedepankan kesederhanaan, rumah-rumah bergaya Japandi menghindari penggunaan dekorasi yang terlalu berlebihan. Gaya tersebut erat dengan dekorasi yang polanya sederhana dan motif yang tidak mencolok. Hal tersebut akan menciptakan suasana rumah yang lebih nyaman, rapi, dan bersih.

dekorasi minim

Foto: Unsplash

Itulah beberapa karakteristik utama dari gaya Japandi yang bisa Anda terapkan pada hunian. Tak hanya menciptakan rumah yang nyaman, pengaplikasian gaya ini juga bisa berdampak baik pada gaya hidup penghuninya. Ingin miliki hunian murah yang berkualitas? Wujudkan hunian impian Anda di Gardens at Candi Sawangan. Ada berbagai pilihan tipe rumah dengan gaya minimalis yang mengkombinasikan fungsi dan estetika. Tak hanya dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai di sekitarnya, Gardens at Candi Sawangan juga bertempat di lokasi yang strategis, akses dan mobilitas yang mudah, serta dikelilingi lingkungan yang asri dan nyaman. Untuk informasi selengkapnya, Anda bisa menghubungi nomor berikut ini (021) 7470 7959 maupun 0812 9360 6612 (WA) atau Anda juga bisa kunjungi official website Gardens di sini.

Sumber: interiordesign.id, Sarae.id, HaticeXInterior, Barbulianno, Archify 

Similar Posts