Gardens.id – Rumah tidak hanya merupakan sebuah tempat tinggal Anda belaka. Rumah adalah sebuah tempat beristirahat sekaligus menjadi tempat dimana anda bisa berkarya dan menghasilkan sesuatu. Suasana rumah yang mendukung merupakan salah satu cara meningkatkan produktivitas Anda ketika bekerja atau berkarya. Oleh karena itu, suasana rumah yang tepat bisa membuat Anda nyaman ketika sedang bekerja.
Sekarang ini, istilah WFH atau Work From Home yang diartikan sebagai bekerja dari rumah, sudah menjadi hal yang lumrah. Dimulai dari pandemi Covid-19 pada tahun 2020 lalu, banyak perusahaan – perusahaan yang menerapkan kebijakan WFH tersebut untuk karyawannya. Sehingga, banyak sekali karyawan yang mulai bekerja dari rumahnya masing – masing. Sampai sekarang, trend WFH ini masih banyak dilakukan baik oleh perusahaan atau para pekerja kantoran lainnya.
Trend WFH ini membuat banyak orang yang memaksimalkan rumahnya sendiri sebagai tempat untuk bekerja. Sudut – sudut ruangan rumah atau ruangan khusus di dalam rumah disiapkan sebagai area untuk bekerja. Area bekerja tersebut pun dibuat sedemikian rupa sehingga sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan masing – masing. Semua cara meningkatkan produktivitas selama bekerja dari rumah pun kerap dilakukan
Bagi Anda yang sekarang ini sedang bekerja dengan sistem WFH, maka pastinya membutuhkan area kerja yang nyaman untuk produktivitas Anda sendiri. Tentunya banyak cara agar Anda bisa memaksimalkan area bekerja Anda sehingga bisa lebih fokus dan produktif ketika bekerja. Simak terus artikel ini bagi Anda yang penasaran tips memaksimalkan rumah sebagai area untuk bekerja.
Baca Juga: 5 Ciri Hunian yang Nyaman bagi Milenial
7 Tips Cara Meningkatkan Produktivitas Selama Bekerja dari Rumah
Suasana rumah sebagai tempat untuk bekerja merupakan faktor penting untuk meningkatkan fokus dan produktivitas dalam bekerja. Suasana area bekerja yang tepat tentunya membuat Anda bisa lebih nyaman dalam bekerja. Sebaliknya, jika suasana area bekerja di rumah Anda kurang sesuai, maka akan mempengaruhi kinerja Anda sendiri.
Area bekerja yang kurang maksimal akan membuat kinerja Anda pun menjadi menurun. Anda akan merasa kurang nyaman dalam bekerja. Oleh karena itu, penting untuk mengatur ruangan kerja Anda dengan sebaik mungkin sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.
Bagi Anda yang mungkin masih bingung bagaimana caranya mengatur ruangan atau area kerja Anda di rumah, berikut adalah tips cara meningkatkan produktivitas selama bekerja dari rumah:
1. Pilih Tempat Kerja yang Sesuai yang Mendukung Produktivitas
Cara pertama untuk memaksimalkan ruang kerja di rumah Anda adalah dengan terlebih dahulu memilih tempat kerja. Anda bisa memilih tempat yang menurut Anda paling nyaman dan sesuai untuk bekerja. Anda bisa memanfaatkan sudut – sudut tertentu di dalam rumah yang menurut Anda bisa dimaksimalkan sebagai area bekerja. Jika rumah Anda memiliki ruangan yang tidak terpakai, maka Anda bisa memanfaatkan ruangan tersebut sebagai ruangan kerja.
Memanfaatkan sudut – sudut rumah atau ruangan khusus untuk bekerja tergantung kondisi rumah Anda sendiri. Yang terpenting adalah beberapa hal yang harus diperhatikan agar ruangan kerja atau area kerja di rumah Anda bisa maksimal. Salah satunya adalah privasi. Pastikan area bekerja atau ruangan kerja Anda jauh dari berbagai aktivitas dalam rumah sehingga ruangan atau area kerja Anda tetap terjaga privasinya dan Anda bisa fokus.
2. Maksimalkan Pencahayaan untuk Meningkatkan Produktivitas
Pencahayaan sangat penting untuk area atau ruangan kerja Anda. Pencahayaan yang tepat akan membuat suasana kerja menjadi nyaman. Cahaya yang terlalu redup atau terlalu terang tentu akan mempengaruhi kenyamanan Anda ketika sedang bekerja. Oleh karena itu, penting untuk mengatur pencahayaan di dalam ruangan atau area kerja Anda.
Anda bisa menggunakan lampu – lampu dengan tingkat keterangan tertentu yang memang cocok untuk bekerja atau belajar. Jika dirumah Anda sangat memungkinkan untuk mendapatkan pencahayaan alami, Anda bisa memanfaatkannya untuk meningkatkan suasana kondusif di ruangan atau area bekerja Anda.
3. Gunakan Meja dan Kursi yang Nyaman untuk Bekerja dari Rumah
Meja dan kursi yang Anda gunakan tentu akan mempengaruhi kenyamanan Anda ketika bekerja. Pilihlah meja dan kursi yang nyaman digunakan oleh Anda. Usahakan untuk menggunakan meja dan kursi kantor yang memang diperuntukkan untuk bekerja. Sehingga, Anda bisa betah untuk bekerja untuk waktu yang lama.
Yang terpenting, selalu pastikan untuk menjaga kebersihan dan kerapihan ruangan atau area kerja Anda. Meja kerja yang rapih dan bersih tentu akan membuat suasana bekerja menjadi lebih kondusif.
4. Sediakan Sofa atau Matras untuk Beristirahat
Menggunakan sofa atau matras di ruangan atau area kerja Anda akan sangat berguna. Anda bisa menggunakan sofa atau matras tersebut untuk merebahkan diri dan beristirahat sejenak dari pekerjaan Anda. Sehingga, Anda bisa memiliki tempat untuk sejenak mengalihkan pandangan dari layar komputer dan beristirahat. Selain itu, sofa atau matras juga bisa Anda manfaatkan untuk bekerja jika Anda merasa bosan untuk bekerja di meja.
5. Sediakan Tanaman Hijau di Ruangan atau Area Kerja Anda untuk Melepas Stres dan Meningkatkan Produktivitas
Menaruh tanaman hijau kecil di meja atau di sekitar ruangan kerja Anda akan membuat suasana menjadi lebih segar. Tanaman hijau di ruangan akan sangat berguna untuk mengatasi stres berlebihan ketika sedang bekerja. Selain itu, suasana yang hijau tentunya dapat meningkatkan produktivitas Anda ketika bekerja. Suasana ruangan atau area kerja Anda pun akan menjadi lebih hijau dan segar yang akan membuat kenyamanan Anda selama bekerja meningkat.
6. Dekorasikan Ruangan atau Area Kerja Anda Sesuai Keinginan Anda
Dekorasikanlah ruangan atau area kerja Anda senyaman mungkin. Dekorasi yang sesuai dengan keinginan Anda tentunya akan membuat Anda menjadi lebih betah dan nyaman berada di ruangan atau area kerja Anda. Oleh karena itu, Anda perlu untuk menata dan mendekorasikan tempat bekerja Anda.
Tata semua letak meja, kursi, sofa, tanaman hijau, dan lain sebagainya senyaman mungkin. Anda bisa juga mewarnai dinding area kerja atau ruangan kerja dengan warna – warna yang Anda senangi untuk lebih meningkatkan kenyamanan. Pilihlah warna cat dinding rumah yang bisa meningkatkan kinerja Anda dalam bekerja.
Baca Juga: 11 Warna Cat yang Sejuk dan Bikin Nyaman
7. Siapkan Speaker untuk Memutar Musik Kesukaan Anda Selama Bekerja
Salah satu keuntungan bekerja di rumah adalah Anda bisa bekerja senyaman yang Anda mau. Bagi Anda yang senang bekerja sambil mendengarkan musik, maka Anda bisa menyiapkan perangkat speaker atau pengeras suara pada area atau ruangan kerja Anda. Sehingga, Anda bisa menyetel musik kesukaan Anda selama bekerja. Bahkan, sekarang ini banyak speaker yang memiliki desain yang unik dan estetik yang tentunya dapat sekaligus berfungsi sebagai dekorasi ruangan atau area kerja Anda.
7 tips diatas dapat Anda jadikan referensi bagi Anda yang ingin mengatur tempat bekerja Anda di rumah. Tips – tips diatas tentunya bisa membantu Anda untuk meningkatkan produktivitas selama bekerja dirumah. Kekurangan dari bekerja di rumah atau WFH adalah Anda terkadang akan merasa bosan, kesepian, dan terisolasi. Oleh karena itu, cara meningkatkan produktivitas selama Anda bekerja dari rumah pun harus Anda terapkan agar kualitas kinerja tetap baik.