ilustrasi menabung dana

Dana Darurat Penting untuk Generasi Milenial? Mengapa?

Pengelolaan keuangan yang buruk seringkali menjadi masalah utama bagi generasi milenial. Kebanyakan generasi milenial erat dengan gaya hidup yang konsumtif, cenderung boros, susah menabung, dan acuh terhadap investasi. Padahal mengatur keuangan sejak usia muda itu penting agar kondisi finansial tetap stabil di masa yang akan datang. Ditambah dengan situasi saat ini yang tidak menentu akibat pandemi COVID-19. Mempersiapkan dana darurat sedini mungkin merupakan salah satu cara terbaik untuk menjaga kondisi keuangan. Apa itu dana darurat? Simak penjelasannya berikut ini: 

anak milenial

Foto: Freepik

Pentingnya Dana Darurat

Secara garis besar, dana darurat adalah sebagian dana yang sengaja disisihkan dari penghasilan setiap bulannya. Dana ini berguna untuk mengatasi berbagai keperluan yang tidak terduga atau yang sifatnya mendadak dan mendesak. Dalam hidup ini ada beberapa hal yang tidak dapat diprediksi, misalnya saat terkena PHK, jatuh sakit, kecelakaan, dan musibah lainnya. Contohnya situasi pandemi yang masih kita hadapi sekarang, tentunya membutuhkan dana tambahan seperti biaya untuk membeli masker dan persoalan kesehatan lainnya. Dengan tersedianya dana tersebut maka kondisi keuangan pun tidak akan terbebani.

Selain untuk membiayai berbagai kebutuhan yang mendesak, dana darurat juga berguna untuk menghindari berhutang. Meminjam uang atau berhutang juga bisa menjadi kebiasaan buruk yang berakibat fatal untuk kondisi keuangan di masa depan. Dana ini juga dapat membantu kita untuk lebih berhemat dan bijak dalam menggunakan uang, karena dengan berniat mempersiapkan dana darurat akan membuat kita fokus dalam menabung. Persiapan dana darurat dapat dilakukan melalui berbagai cara, misalnya dengan menabung secara konvensional atau menabung sambil berinvestasi. Manfaat dari memiliki dana ini mungkin tidak akan dirasakan saat ini, namun nanti di masa yang akan datang.

tabungan untuk dana darurat

Foto: Freepik

Untuk menghindari kondisi finansial yang buruk di masa depan, generasi milenial harus segera belajar mengenai pengelolaan keuangan dan meninggalkan kehidupan yang konsumtif. Tak hanya mempersiapkan dana darurat untuk keperluan yang mendadak, generasi milenial juga bisa mulai menabung untuk membeli kebutuhan primer seperti rumah. Wujudkan rumah impian Anda dan keluarga bersama Gardens at Candi Sawangan; rumah pilihan para keluarga milenial. Ada berbagai pilihan tipe rumah dengan gaya modern kontemporer yang mengkombinasikan fungsi dan estetika. Tak hanya dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai, Gardens at Candi Sawangan juga bertempat di lokasi yang strategis, akses dan mobilitas yang mudah, serta dikelilingi lingkungan yang asri dan nyaman. Untuk informasi selengkapnya, Anda bisa menghubungi nomor berikut ini (021) 7470 7959 maupun 0812 9360 6612 (WA) atau Anda juga bisa kunjungi official website Gardens di sini.

Sumber: Merdeka, Finansial, Republika, Avrist

Similar Posts