BELI RUMAH, LEBIH BAIK DP BESAR ATAU CICILAN BESAR?

gardens.id – Memiliki tempat tinggal pribadi adalah harapan semua orang, khususnya bagi yang sudah berkeluarga. Rumah berfungsi sebagai tempat berteduh serta tempat berkumpul bersama keluarga yang aman dan nyaman. Namun, kenyataannya membeli rumah itu tidak mudah. Salah satu faktornya yaitu masalah finansial, ditambah dengan harga properti yang semakin tinggi dari tahun ke tahun. Tetapi kini membeli rumah semakin mudah dengan KPR (Kredit Pemilikan Rumah). KPR merupakan sebuah program untuk mencicil rumah dalam jangka waktu dan jumlah bunga tertentu. Dengan KPR, Anda bisa memilih membayar down payment besar atau cicilannya yang besar. Manakah yang lebih baik? Berikut ini penjelasannya:

  • Plus Minus Down Payment (DP) Besar

Pilihan pertama adalah membayar uang muka atau DP dalam jumlah besar lalu membayar cicilan dalam jumlah kecil. Biasanya bank atau developer akan mensyaratkan DP KPR senilai 5-30% dari harga rumah. Semakin besar jumlah DP yang dibayarkan, maka cicilan serta bunga yang harus dibayar setiap bulannya pun semakin kecil sehingga pelunasan rumah pun menjadi lebih cepat. Selain itu, dengan membayar DP dalam nominal yang besar maka pengajuan KPR pun akan cenderung untuk lebih mudah disetujui oleh bank. Namun, ketika Anda memilih untuk membayar DP lebih besar, maka Anda harus menabung dulu sehingga pembelian rumah pun menjadi semakin lama. Semakin lama waktu yang dihabiskan untuk menabung tidak menutup kemungkinan kalau harga rumah yang Anda inginkan pun semakin tinggi.

  • Plus Minus Cicilan Besar

Pilihan kedua adalah membayar uang muka atau DP dalam jumlah lebih kecil, tetapi cicilannya besar. Berbanding terbalik dengan pilihan pertama (DP besar), Anda bisa membeli rumah dengan lebih cepat. Anda tidak perlu lama-lama menabung karena jumlah DP yang dibayarkan kecil. Dengan begitu, Anda dapat menghindari kemungkinan naiknya harga rumah. Tetapi di sisi lain, Anda diharuskan untuk membayar cicilan dan bunga yang lebih besar setiap bulannya. Pelunasan rumah pun akan memakan waktu yang lebih panjang. Selain itu, pembayaran DP yang kecil membuat bank cenderung lebih lama untuk menyetujui proses pengajuan KPR  Anda.

Dapat dikatakan bahwa kedua pilihan ini, DP besar atau cicilan besar memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Perhatikan kondisi keuangan Anda sebelum menentukan pilihan. Anda bisa memilih untuk membayar DP besar jika memiliki tabungan yang cukup banyak. Atau Anda bisa memilih cicilan besar untuk cepat dapat rumah, tapi pastikan juga Anda sanggup untuk membayar cicilannya setiap bulan.

Wujudkan rumah impian Anda bersama keluarga di Gardens at Candi Sawangan. Gardens selalu berinovasi untuk menghadirkan hunian dengan konsep serta desain terbaik yang mengikuti perkembangan zaman. Ada berbagai pilihan tipe rumah dengan gaya minimalis yang mengkombinasikan fungsi dan estetika. Tak hanya itu, perumahan Gardens juga bertempat di lokasi yang strategis, dilengkapi fasilitas yang memadai, akses dan mobilitas yang mudah, serta dikelilingi lingkungan yang asri dan nyaman. Ada berbagai promo menarik menunggu Anda! Untuk informasi selengkapnya, Anda bisa menghubungi nomor berikut ini (021) 7470 7959 maupun 0812 9360 6612 (WA) atau Anda juga bisa kunjungi official website Gardens di sini.

Sumber: rumah123.com, 99.co, glints