Amity 60

5 Karakteristik Rumah Ala Scandinavian Style

Popularitas desain interior rumah scandinavian memang tidak bisa diragukan lagi. Desain Scandinavian style ini berasal dari cara orang-orang Skandinavia (Denmark, Finlandia, Swedia, Norwegia) hidup dalam desain yang indah, sederhana, natural dan bersih, serta dekat dengan alam juga iklim yang dingin. Selain itu, desain interior ala Skandinavia juga terkenal dengan berbagai perabotannya yang fungsional/multifungsi dan tahan lama.  Rumah dengan gaya Skandinavia kini tengah banyak digemari terutama oleh para generasi milenial karena tampilannya yang minimalis namun tetap estetik, elegan, dan tidak memiliki batas waktu. Tertarik untuk menata interior rumah Anda dengan gaya Skandinavia? Berikut ini beberapa karakteristik dari rumah dengan gaya Skandinavia:

1. Warna Netral

Desain interior rumah Scandinavian style didominasi oleh warna-warnanya yang netral seperti, putih, abu-abu, hitam, dan coklat. Warna putih biasanya menjadi warna utama untuk dinding rumah-rumah bergaya Skandinavia. Bukan tanpa alasan, penggunaan warna-warna netral ini dapat membuat ruangan menjadi terkesan lebih cerah dan luas. Untuk membuat rumah ala Skandinavia terasa lebih hidup, Anda dapat menggabungkan warna utama dengan warna biru muda dan warna-warna pastel lainnya.

Foto: Freepik

2. Pencahayaan Alami

Selain didominasi oleh palet warna yang netral, desain interior bergaya Skandinavia juga terkenal dengan pencahayaan alami yang maksimal. Untuk mendapatkan pencahayaan alami, biasanya rumah-rumah bergaya Scandinavian memiliki jendela atau bukaan yang relatif besar. Hal ini dilatarbelakangi oleh minimnya cahaya akibat cuaca yang ekstrim di negara-negara Skandinavia. Tak hanya agar rumah menjadi terang, bukaan yang besar juga memungkinkan udara segar masuk sehingga ruangan pun tampak lebih luas dan nyaman. 

3. Material Kayu

Karakteristik selanjutnya dari rumah scandinavian adalah penggunaan material kayu. Biasanya, rumah bergaya Skandinavia dilengkapi dengan dinding kayu, langit-langit kayu, lantai kayu, perabotan kayu, dan aksesori rumah lainnya yang memiliki aksen kayu. Perpaduan material kayu dengan warna-warna netral pada desain interior bergaya Skandinavia dapat menciptakan ambience yang hangat dan nyaman pada rumah.

Foto: Freepik

4. Fungsional

Tak hanya soal keindahan, aspek fungsional juga sangat ditekankan dalam desain interior rumah bergaya Skandinavia. Pada Scandinavian style, aspek fungsional ini umumnya berkaitan dengan penataan ruangan dan pemilihan furnitur. Intinya adalah memaksimalkan fungsi ruangan-ruangan yang ada di dalam rumah. Penekanan aspek fungsional pada desain ala Skandinavia ini ditujukan untuk memberikan ruang gerak yang nyaman bagi para penghuninya.

5. Tanaman Indoor

Scandinavian style juga erat dengan membawa nuansa alam ke dalam rumah. Hal ini terinspirasi dari orang-orang Skandinavia yang terbiasa hidup berdampingan dengan alam. Hadirkan nuansa alam di dalam rumah dengan meletakkan dekorasi berupa tanaman indoor. Selain menjadi pemanis ruangan, dekorasi tanaman juga dapat memberikan kesan sejuk dan nyaman pada rumah.

Foto: Freepik

Itulah 5 karakteristik utama dari desain interior rumah bergaya Skandinavia. Dapat disimpulkan bahwa intinya konsep Scandinavian style ini sangat mengutamakan kesederhanaan, keindahan, dan fungsionalitas. Ingin miliki hunian murah yang berkualitas? Wujudkan hunian impian Anda di Gardens at Candi Sawangan. Ada berbagai pilihan tipe rumah dengan gaya minimalis yang mengkombinasikan fungsi dan estetika. Tak hanya dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai di sekitarnya, Gardens at Candi Sawangan juga bertempat di lokasi yang strategis, akses dan mobilitas yang mudah, serta dikelilingi lingkungan yang asri dan nyaman. Untuk informasi selengkapnya, Anda bisa menghubungi nomor berikut ini (021) 7470 7959 maupun 0812 9360 6612 (WA) atau Anda juga bisa kunjungi official website Gardens di sini.

Sumber: IDEA, interiordesign.id, ruparupa, gessato, LIVSPACE, Modern Dane

Similar Posts