BELI RUMAH DI MASA PANDEMI, UNTUNG ATAU RUGI?

gardens.id – Tak hanya berpengaruh pada bidang kesehatan, nyatanya masa pandemi COVID-19 ini juga berdampak besar pada kegiatan bisnis properti. Dikatakan bahwa masa pandemi ini mengakibatkan pergerakan harga properti agak melambat. Banyak pengembang properti yang akhirnya memutuskan untuk memberikan harga khusus serta menawarkan berbagai promo menarik. Hal tersebut didukung oleh minat masyarakat untuk membeli rumah yang masih ada, apalagi setelah kondisi semakin membaik. Namun, sebenarnya membeli hunian di masa pandemi itu keputusan yang menguntungkan atau malah merugikan? Mari simak pembahasannya berikut ini.

Keuntungan

  • Terjadinya penurunan harga rumah

Salah satu kesulitan bagi calon pembeli untuk memiliki rumah impian adalah harga properti yang selalu meningkat dari tahun ke tahun. Namun, di masa pandemi ini terjadi penurunan harga properti sehingga bisa menjadi langkah yang tepat untuk membeli rumah. Tak hanya menurunkan harga, banyak developer yang juga menawarkan promo-promo menarik seperti DP ringan.

  • Suku bunga turun

Selain harga properti yang turun, terjadi juga tren penurunan suku bunga untuk program KPR (Kredit Pemilikan Rumah). Apa keuntungan yang didapatkan dari tren penurunan suku bunga ini? Besaran suku bunga akan menentukan berapa besar jumlah cicilan yang harus dibayar oleh calon pembeli saat mengajukan KPR. Maka calon pembeli bisa memiliki rumah impian dengan harga yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan harga pada situasi normal (sebelum pandemi). 

  • Investasi menjanjikan di masa depan

Rumah atau tempat tinggal merupakan kebutuhan primer, sehingga permintaannya akan selalu ada. Meskipun harga properti di masa pandemi ini menurun, di masa yang akan datang properti bisa menjadi investasi yang sangat menjanjikan. Di masa depan ketika situasi semakin membaik, maka harga properti bisa kembali meningkat.

Risiko

  • Berisiko terhadap kondisi keuangan

Sebelum memutuskan untuk membeli rumah di masa pandemi, para calon pembeli wajib mengukur kondisi finansial masing-masing. Situasi memang semakin membaik tetapi tidak ada yang bisa memprediksi kapan pandemi ini akan benar-benar berakhir. Selain itu, untuk mengurangi risiko yang tidak diinginkan, pilihlah developer yang benar-benar terdaftar pada Sistem Registrasi Pengembang Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia.

Itulah keuntungan serta kerugian membeli rumah di masa pandemi. Membeli hunian di tengah-tengah masa pandemi bisa menjadi pilihan tepat, tetapi tentunya ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar tidak mengalami kerugian. Wujudkan hunian impian Anda di Gardens at Candi Sawangan. Ada berbagai pilihan tipe rumah dengan gaya minimalis yang mengkombinasikan fungsi dan estetika. Tak hanya dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai di sekitarnya, Gardens at Candi Sawangan juga bertempat di lokasi yang strategis, akses dan mobilitas yang mudah, serta dikelilingi lingkungan yang asri dan nyaman. Untuk informasi selengkapnya, Anda bisa menghubungi nomor berikut ini (021) 7470 7959 maupun 0812 9360 6612 (WA) atau Anda juga bisa kunjungi official website Gardens di sini.

Sumber: berkeluarga.id, Rumah.com, Media Indonesia