inspirasi desain taman minimalis depan rumah
|

Inspirasi 20 Desain Taman Minimalis Depan Rumah

Menikmati pemandangan hijau dengan suasana rindang dengan lingkungan asri dan indah menjadi dambaan setiap orang, apalagi jika hal tersebut ada di rumah kita sendiri. Membuat taman bisa saja dilakukan di rumah. Pilihan taman minimalis bisa jadi tips untuk melengkapi rumah Anda. Salah satu cara yang bisa dilakukannya adalah mendapatkan desain taman minimalis depan rumah impian Anda.

Selain tidak memerlukan biaya yang besar untuk perawatannya, desain taman minimalis depan rumah bisa jadi tips untuk membuat teras rumah Anda jadi lebih enak dipandang. Anda pun tidak usah jauh-jauh lagi untuk menikmati pemandangan hijau yang asri ini di luar rumah, kerinduan Anda akan taman juga bisa terobati dengan menikmati suasana taman dengan kreasi taman minimalis depan rumah.

Ini dia 20 ide yang bisa Anda tiru untuk desain taman minimalis depan rumah, penasaran simak artikel di bawah ini ya!

1. Sesuaikan Tema Teras dengan Kepribadianmu

Tema teras yang sesuai kepribadian merupakan salah satu inspirasi desain taman minimalis depan rumah Anda
Source: unsplash.com

Tema taman bisa tentukan dengan menyesuaikan dengan karakter yang Anda miliki. Misalnya, rumah modern aesthetic yang cocok dengan dekorasi outdoor yang minimalis. Contoh lainnya, buat Anda sebagai pecinta anjing dan anak-anak, penambahan tempat barbekyu dan kursi cukup penting untuk desain taman minimalis depan rumah.

2. Taman Tema Bali

Source: unsplash.com

Bagi Anda yang kangen dengan suasana Bali dan menyukai tempat eksotis, tips ini sangatlah cocok. Menjadikan tema Bali untuk taman minimalis bisa dilakukan. Gaya Bali bisa di cek pada gambar di atas ini ya.

3. Memanfaatkan Halaman Belakang

Tiruan tradisi Jepang dengan membuat taman minimalis juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan halaman belakang. Tambahkan tanaman miniatur seperti beberapa batuan, lumut, dan tanaman hijau yang sesuai dengan kapasitas halaman rumah Anda. Hal ini bisa membuat ruangan menjadi lebih sejuk.

4. Taman dengan Ayunan

Source: unsplash.com

Selain kursi, ayunan juga menjadi suatu benda penting yang wajib Anda letakkan pada taman rumahmu. Hal ini dapat membuat anak-anak jadi senang dan juga bisa digunakan sebagai tempat untuk beristirahat. Selain itu, ayunan juga bisa menenangkan jiwa dan membuat Anda lebih betah di rumah.

5. Pemilihan Material yang Tepat

Pemilihan material yang tepat merupakan salah satu inspirasi desain taman minimalis depan rumah Anda
Source: istockphoto.com

Untuk komposisi yang tepat, gunakan bahan yang resisten, anti air, dan tidak mudah luntur. Seorang desainer interior dari Amerika, Julie Farris, merekomendasikan material seperti batu kapur, baja, kerikil, bambu, dan kayu kotak dalam komposisi asimetris.

6. Buat Batasan Ruang 

Gunakan tepi baja yang kuat dengan ketebalan (1-4 inch) untuk memisahkan ruangan taman dengan ruang lainnya. Pemisah lain dengan seperti kayu, granit, batu kapur, batu biru, atau tangga-tangga kecil cocok digunakan untuk membuat suasana jauh dari kebisingan.

7. Gazebo Sederhana

Buat tempat santai seperti gazebo merupakan salah satu inspirasi desain taman minimalis depan rumah Anda
Source: istockphoto.com

Jika Anda memiliki lahan yang besar, penambahan gazebo bisa jadi solusi untuk desain taman minimalis. Penambahan beberapa tanaman, pepohonan tinggi, dan lampu agar taman terasa nyaman dan terkesan mewah. Untuk tampak lebih natural, desain dengan kolam ikan juga bisa jadi alternatif untuk gazebo rumah.

8. Tanamlah Biji-bijian yang Banyak

Source: unsplash.com

Pohon berguguran bisa dicoba untuk ditanam di rumah. Anda bisa coba tanam dengan tanaman seperti crepe myrtle, stewartia, dan birch; rumput hias seperti nasella, calamagrostis ‘Karl Foerster,’ pennisetum, dan deschampsia; dan bunga abadi seperti echinacea, dengan kepala biji besar. Untuk kehijauan sepanjang musim, pepohonan seperti boxwood, bambu, laurel, dan pinus, bisa jadi alternatif untuk desain taman minimalis depan rumah Anda.

9. Letakkan Pot Gantung

Source: unsplash.com

Penggunakan pot dengan tanaman subur akan memberikan kesan yang dapat menonjolkan warna tumbuhan dan juga membuat desain taman minimalis rumah Anda lebih terlihat eye catching dan vegetasi pun akan lebih mudah diperkenalkan.

10. Tambahkan Fitur Air

Tambahkan fitur air merupakan salah satu inspirasi desain taman minimalis depan rumah Anda
Sumber: istockphoto.com

Kolam sederhana atau air mancur kecil bisa membuat desain taman minimalis depan rumah terlihat asri. Mata menjadi lebih segar dan dapat mempercantik isi taman, hal ini juga membuat daya tarik pada beberapa hewan, seperti burung, kupu-kupu, dan capung.

11. Dekorasi dengan Kolam Ikan

Dekorasi kolam ikan merupakan salah satu inspirasi desain taman minimalis depan rumah Anda
Source: istockphoto.com

Bukan menjadi hal yang tidak mungkin untuk memiliki kolam ikan di rumah. Anda bisa membuat kolam mini yang sesuai dengan ukuran taman. Akhirnya Anda bisa menikmati kolam ikan di rumah.

12. Menggunakan Konsep Kering

Konsep kering merupakan salah satu inspirasi desain taman minimalis depan rumah Anda
source: istockphoto.com

Coba terapkan konsep kering yaitu dengan menggunakan bahan kering pada taman minimalis Anda. Batu kerikil dan tanaman dalam pot bisa dipadukan untuk hal ini. Konsep ini akan membuat suasana taman menjadi lebih bersih dalam melindungi percikan lumpur saat hujan.

13. Pohon Ukuran Sedang

Source: unsplash.com

Memilih tanaman sedang juga bisa dilakukan ketika area lahan sudah tidak banyak kapasitas. Tambahkan tiga sampai empat tanaman berukuran sedang untuk mengisi area taman, sisanya Anda bisa menaruh rumput atau tanaman berukuran kecil. 

14. Pohon Ukuran Besar

Pohon ukuran besar merupakan salah satu inspirasi desain taman minimalis depan rumah Anda
Source: istockphoto.com

Bagi Anda yang ingin membuat taman terlihat sejuk seperti layaknya hutan tropis, tanamlah pohon-pohon besar. Pohon besar yang bisa Anda tanam seperti palem, cemara, dan bambu. Hal ini tentu bisa jadi perpaduan yang indah untuk menyempurnakan gaya hutan tropis.

15.Taman dengan Jalan Berbatu

Ingin membuat jalan setapak di taman kecil Anda? tipsnya bisa menggunakan bebatuan seperti batu koral. Batu korak diletakkan di bagian jalan setapak dan tambahkan bunga-bunga yang indah dengan pot kecil di sekitaran jalan tersebut.

16. Menanam Bunga

Source: unsplash.com

Pemilihan tanaman juga sangat penting dalam mempercantik taman minimalis Anda. Bunga dengan warna-warna cerah yang indah bisa membuat nuansa segar. Gunakan bunga warna merah, putih, kuning sebagai referensi.

17. Nuansa Asri dan Hijau

Nuansa arti dan hijau merupakan salah satu inspirasi desain taman minimalis depan rumah Anda
Source: unsplash.com

Nuansa hijau dan asri di taman minimalis Anda bisa diciptakan di rumah juga. Caranya dengan menanam rumput di area dan tambahkan tanaman hias yang indah. Tanaman yang cantik seperti bougenville, pandan kipas, dan lantana bisa di tanam untuk rumahmu.

18. Menggunakan Pola Horizontal-Vertikal

Pola horizontal dan vertikal merupakan salah satu inspirasi desain taman minimalis depan rumah Anda
Source: istockphoto.com

Pola horizontal dan vertikal juga bisa juga memaksimalkan dan menghemat lahan. Untuk tumbuhan horizontal, Anda bisa coba dengan menanam sayuran, seperti terong, rempah daun dan sebagainya. Untuk jenis tumbuhan vertikal, cobala menanam lili paris, bunga lipstik, dollar Plant, sirih gading, tradescantia, dan dischidia geri.

19. Menjaga Keselarasan Tanaman dan Rumput

Source: unsplash.com

Pilihan desain taman minimalis depan rumah juga bisa jadi pilihan yang tepat dengan memadukan tanaman dengan rumput. Tanaman kaktus bisa dihadirkan dalam tamanmu. Sisanya Anda bisa tambahkan tanaman kecil lainnya.

20. Tetap Fokus pada Kesederhanaan

Source: unsplash.com

tetap pertahankan karakter dari minimalis yaitu bersifat luas, bebas, dan sejuk. Menggunakan warna netral dan menyesuaikan setiap warna dan tekstur pada sudut yang berbeda pada desain taman minimalis depan rumahmu.

Ternyata membuat taman minimalis cukup banyak memerlukan persiapan yang detail.  Dari melakukan persiapan dari konsep, ruang, penentuan dan penerapan jenis bahan, sampai ke jenis tumbuh-tumbuhan yang ingin di tambahkan di teras rumah perlu di pertimbangkan dengan baik agar terciptanya suasana asri dan tetap berpaku pada prinsip minimalis. 

Sudah kepikiran mau desain tapi belum punya tempatnya? Cobain hunian di Gardens dengan harga murah yang berkualitas untuk mewujudkan taman minimalis impian Anda. Klik di sini untuk info lebih lengkap.

Jadi, setelah melihat tips dari 20 di atas, masih ragu untuk ciptakan taman minimalis depan rumahmu?

Similar Posts