Ini Dia 5 Manfaat Balkon di Rumah

Sudah tahukah Anda, manfaat balkon di rumah? Balkon atau dikenal juga sebagai teras atas adalah salah satu elemen yang biasanya ditambahkan pada rumah bertingkat atau yang berlantai lebih dari satu.

Tidak ada spesifikasi khusus untuk ukuran, bentuk, maupun konstruksi balkon, karena menyesuaikan dengan ukuran rumah itu sendiri. Balkon seringkali dianggap dapat menambah estetika pada eksterior atau fasad rumah yang mana dapat meningkatkan nilai jual rumah tersebut.

Namun, sebenarnya apa saja manfaat dari balkon rumah itu? Berikut ini penjelasannya:

Baca juga: 7 Tipe-tipe Rumah Paling Umum di Indonesia. Mana Favoritmu?

5 Manfaat Balkon di Rumah

1. Memaksimalkan masuknya sinar matahari

Manfaat pertama, balkon dapat memaksimalkan masuknya sinar matahari ke dalam rumah. Hal ini bisa memberikan berbagai dampak yang baik seperti, menjaga kesegaran udara di dalam rumah, melancarkan perputaran atau pergantian udara, hingga membuat ruangan terkesan lebih luas.

Tak hanya itu, masuknya sinar matahari melalui balkon bisa menjadi pencahayaan alami di dalam rumah, sehingga Anda dapat menghemat energi listrik. 

Foto: Unsplash

2. Mempertegas lantai atas

Manfaat kedua, balkon dapat mempertegas perbedaan antara lantai dasar dengan lantai atas. Dengan balkon, perbedaan level yang ada pada rumah akan terlihat lebih jelas dari luar. Selain itu, area balkon juga dapat mempertegas skala bangunan. 

Baca juga: 3 Kelebihan Hunian dengan Konsep Smart Living

3. Memperluas pandangan

Manfaat ketiga, adanya balkon dapat menambah jarak pandang Anda. Dengan begitu, balkon bisa menjadi area favorit untuk melihat pemandangan dari rumah. Selain itu, dengan bertambahnya jarak pandang Anda juga dapat memperhatikan berbagai aktivitas yang terjadi di sekitar rumah. 

Foto: Unsplash                                          

4. Menjadi tempat bersantai bersama keluarga

Area balkon bisa menjadi tempat yang tepat untuk berkumpul dan bersantai bersama keluarga. Tambahkan kursi, meja, atau bahkan sofa agar tempatnya semakin nyaman.

Dari area balkon itu, Anda dan keluarga bisa menikmati sinar matahari di pagi hari, melihat sunset di sore hari, atau berbagai kegiatan yang menyenangkan lainnya. 

5. Menjadi lahan untuk berkebun

Manfaat kelima, area balkon dapat Anda jadikan sebagai lahan untuk berkebun. Kebun mini di balkon ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang hobi bercocok tanam tetapi tidak memiliki lahan tanah. Area berkebun di balkon juga bisa membuat rumah tampak lebih cantik, asri, dan hidup.

Ada berbagai jenis tanaman yang bisa Anda pilih dari tanaman hias seperti kaktus hingga sayur mayur seperti tomat, cabai, dan mentimun. Letak balkon yang langsung terkena sinar matahari juga sangat baik untuk pertumbuhan tanaman. 

Foto: Unsplash

Itulah 5 manfaat dari kehadiran area balkon di rumah. Wujudkan hunian impian Anda di Gardens at Candi Sawangan. Ada berbagai pilihan cluster rumah dengan gaya minimalis yang mengkombinasikan fungsi dan estetika.

Salah satu klaster terbaru Gardens yaitu Evergreen Smart Living, sudah dilengkapi dengan area balkon untuk memberikan kenyamanan dalam beraktivitas di rumah bagi para penghuninya. Tak hanya itu, Gardens at Candi Sawangan juga dilengkapi berbagai fasilitas yang memadai di sekitarnya. Bertempat di lokasi yang strategis akses dan mobilitas yang mudah, serta dikelilingi lingkungan yang asri dan nyaman.

Untuk informasi selengkapnya, Anda bisa menghubungi nomor berikut ini (021) 7470 7959 maupun 0812 9360 6612 (WA) atau Anda juga bisa kunjungi official website Gardens di sini.

Sumber: POPMAMA, POPBELA, IDEA, blog.cove.id

Similar Posts