Ilustrasi Rumah Minimalis

23 Rekomendasi Warna Rumah Minimalis untuk Hunianmu

Foto: Unsplash

Pemilihan warna pada hunian minimalis merupakan salah satu elemen penting dalam menciptakan suasana rumah yang nyaman. Selain furnitur, warna cat juga merupakan salah satu hal yang dipertimbangkan pada proses desain interior rumah minimalis.

Warna cat yang dipilih tidak sesuai dengan konsep akan mengakibatkan rumah terasa suram dan kurang menyenangkan. Oleh karena itu penting untuk memperhatikan variasi cat warna rumah minimalis yang akan kamu gunakan.

Cat rumah mempunyai fungsi tidak hanya untuk bagian dalam rumah saja, melainkan dapat digunakan untuk bagian luar rumahmu. Selain itu cat rumah juga berfungsi sebagai pelindung dinding rumah dari hujan dan panas yang dapat menyebabkan dinding lembap sehingga merangsang pertumbuhan jamur.

Berikut adalah beberapa referensi warna yang bisa kamu gunakan sebagai referensi.

Baca juga: Cari Tahu Ciri-Ciri dan Tips Ciptakan Rumah Minimalis

Pilihan Warna Rumah Minimalis

Untuk melengkapi kesan minimalis dalam hunianmu, ada banyak pilihan warna yang bisa kamu gunakan. Tentunya dalam pemilihan warna rumah minimalis ini kamu tetap harus berhati – hati, jangan sampai kamu memilih warna yang salah dan membuat hunianmu memiliki kesan yang suram.

Kamu dapat menggunakan warna dibawah ini sebagai rekomendasi:

1. Abu – Abu

Warna Rumah Minimalis
Foto: Unsplash

Salah satu warna rumah minimalis yang banyak dijumpai adalah abu – abu. Warna abu ini merupakan warna yang cocok bila kamu terapkan pada area ruang tamu, ruang santai keluarga maupun kamar tidur.

Ada berbagai jenis warna abu yang dapat kamu gunakan seperti abu terang serta abu gelap. Kedua warna abu ini dapat kamu kombinasikan dengan warna putih dan beige untuk memberikan kesan hangat serta klasik dalam ruangan.

Untuk melengkapi, kamu bisa menambahkan interior ruangan seperti sofa, nakas serta karpet yang berwarna lebih terang seperti perpaduan putih dan abu, cokelat kayu dengan putih, atau warna emas untuk menambah kesan elegan minimalis.

2. Celery

Foto: Unsplash

Jenis warna hunian minimalis lainnya yang unik adalah warna celery. Celery sendiri merupakan jenis warna yang berada diantara warna hijau tua dengan biru teal tua. Warna celery dapat digunakan jika kamu menginginkan suasana rumah yang natural. Kebanyakan, warna ini digunakan pada ruang bersantai karena warna ini dapat memberikan kesan menenangkan, sehingga kamu akan merasa lebih rileks.

Warna ini dapat kamu gunakan dengan memadukan warna putih atau abu – abu terang pada sisi lain tembok ruangan. Selain itu kamu juga bisa menambahkan interior ruangan dengan warna kayu pada meja atau kursi, serta sofa dan karpet dengan paduan warna abu terang.

Untuk menambah kesan manis, kamu juga bisa meletakkan tanaman indoor pada ruangan yang di cat dengan warna celery ini.

3. Salem

Warna Rumah Minimalis
Foto: Pexels

Untuk kamu yang menyukai warna – warna pastel, warna salem merupakan pilihan yang bisa digunakan untuk hunianmu. Warna salem akan memberikan kesan manis sekaligus suasana hangat dan tenang pada ruangan.

Jika kamu ingin menerapkan warna salem, kamu bisa menerapkan warna ini pada satu sisi tembok didalam ruangan. Kemudian pada sisi lain, kamu bisa menggunakan warna putih. Lalu untuk interior, kamu bisa menggunakan perabotan yang memiliki warna lebih berani dan tegas seperti warna hitam doff.

Atau jika kamu menginginkan suasana ruangan yang lebih tenang, kamu bisa menggunakan warna – warna hangat seperti warna krem, abu terang, cokelat kayu, ataupun sedikit nuansa warna pink cerise pada furnitur.

Dan untuk melengkapi, kamu bisa meletakkan beberapa tanaman indoor pada ruangan.

4. Ivory

Foto: Unsplash

Jika kamu adalah orang yang menyukai suasana alami, warna Ivory bisa menjadi salah satu pilihan warna untuk hunianmu. Ivory adalah warna perpaduan coklat muda dengan putih. Kamu dapat menggunakan warna ini pada ruang bersantai atau kamar tidur.

Penggunaan warna ini dapat dipadukan dengan warna abu – abu, cokelat kayu, krem maupun turquoise dalam ornamen interiornya. Kamu juga dapat menggunakan lantai kayu (parket) serta meletakkan beberapa tanaman indoor guna menambah suasana alam dalam ruangan.

5. Putih

Warna Rumah Minimalis
Foto: Unsplash

HUnian minimalis pada umumnya didominasi dengan warna putih. Untuk menghindari kesan monoton dalam hunianmu, warna putih dapat kamu kombinasikan dengan berbagai warna yang tidak terlalu mencolok untuk memberikan kesan minimalis dan elegan. Rumah atau ruangan dengan cat berwarna putih dapat kamu padukan dengan furnitur yang unik dan cantik.

Jika kamu ingin memberikan kesan elegan, warna putih pada rumahmu bisa dipadukan dengan interior yang memiliki warna emas, olive ataupun abu – abu terang. Perpaduan warna ini akan menciptakan kesan elegan namun hangat serta dapat memberikan suasana yang menenangkan dan lebih santai.

Yang perlu kamu ingat, jika kamu memutuskan untuk menggunakan warna putih, berarti kamu siap untuk lebih berhati – hati serta memberikan perawatan yang ekstra. Karena warna ini sangat mudah terkena kotoran. Kamu harus benar – benar merawat tembok bercat putih, agar tidak memberikan kesan kotor dan tidak menyenangkan.

6. Coffee Brown

Warna Rumah Minimalis
Foto: Unsplash

Salah satu warna hunian minimalis terfavorit di tahun 2022, adalah warna earth tone seperti coffee brown. Coffee brown termasuk dalam kategori warna cokelat yang cenderung lebih muda.

Warna coffee brown cocok digunakan apabila kamu menginginkan kesan modern dan hangat untuk hunianmu. Warna ini bisa kamu padukan dengan warna abu terang, warna cokelat serta meletakkan furnitur beraksen kayu untuk menambah kesan hangat.

Tanaman indoor juga dapat menjadi salah satu dekor alami dalam ruangan dengan warna coffee brown ini.

7. Maroon

Warna Rumah Minimalis
Foto: Treehouse

Rekomendasi warna cat untuk hunian minimalis berikutnya adalah maroon. Untuk melengkapi desain minimalis pada hunian, kamu dapat menggunakan warna ini pada ruang makan, ruang keluarga ataupun kamar tidur.

Untuk ruang makan, kamu dapat memadukan warna maroon dengan aksen warna putih dan emas untuk menambah kesan modern yang elegan. Kemudian untuk ruang keluarga, kamu dapat memadukannya dengan warna abu terang, putih dengan sedikit warna hitam, serta sedikit warna emas pada furnitur di dalam ruangan.

8. Biru Langit

Foto: Unsplash

Bagi kamu yang menyukai nuansa yang ceria, kamu bisa menggunakan warna biru langit sebagai warna dasar hunianmu. Warna ini cocok kamu padukan dengan beberapa warna seperti warna hijau apel, magenta, kuning lemon, serta krem sebagai pemanisnya.

Selain memberikan kesan yang ceria, secara psikologi, warna biru juga menggambarkan warna yang tenang dan tentram. Sehingga sangat cocok untuk kamu yang menyukai nuansa warna warni yang ceria namun tetap terkesan modern dan minimalis.

9. Biru Pastel

Foto: Unspalsh

Rekomendasi selanjutnya adalah warna biru pastel. Warna biru pastel akan memberikan kesan huniah yang modern dan sejuk. Kamu dapat menjadikan warna ini sebagai warna dasar yang dapat dikombinasikan dengan warna pastel juga ataupun dengan warna yang lebih tegas seperti turquoise.

Warna – warna yang bisa kamu padukan dengan warna biru pastel adalah warna mustard, warna tan camel, warna pastel pink salmon, putih serta warna hijau apel.

Pada umumnya warna biru pastel ini banyak digunakan pada ruang keluarga dan kamar tidur.

10. Tan

Warna Rumah Minimalis
Foto: Unsplash

Warna tan termasuk ke dalam kategori warna bumi atau earth tone. Nuansa warna ini banyak digunakan pada kamar tidur. Karena warna ini memberikan kesan sederhana dan hangat yang menenangkan sehingga sangat cocok apabila kamu aplikasikan untuk kamar tidurmu.

Warna tan dapat dipadukan dengan warna putih, abu – abu, serta mustard. Untuk melengkapinya, kamu dapat menggunakan lantai kayu atau parket serta menaruh 1 – 2 jenis tanaman indoor sebagai pemanis.

Baca jugaa: 5 Inspirasi Desain Kamar Minimalis

11. Olive (Zaitun)

Warna Rumah Minimalis
Foto: Unsplash

Jika kamu menyukai warna hijau, kamu dapat mencoba mengaplikasikan warna olive pada salah satu bagian rumahmu. Warna olive sering disebut juga sebagai warna zaitun. Saat ini warna olive sangat digandrungi oleh banyak orang, karena warnanya yang terlihat mewah, unik dan menyenangkan.

Warna olive bisa kamu gunakan pada area kamar mandi. Dan untuk melengkapinya, kamu dapat memadukan warna ini dengan ornamen warna emas serta abu – abu dan putih. Secara psikologi, warna olive melambangkan kebijaksanaan, kasih sayang, serta kemanusiaan.

12. Navy Blue

Foto: Pinterest

Warna lain yang dapat memberikan kesan modern minimalis dan mewah adalah navy blue atau biru dongker. Kamu aplikasikan warna ini pada ruangan yang saling terhubung. Biasanya digunakan pada ruang tamu dan ruang keluarga

Untuk memberikan kesan mewah dan modern, kamu dapat memadukan warna ini dengan warna emas, perak, kuning dan warna cokelat gelap pada furnitur yang digunakan.

13. Hijau Mint

Warna Rumah Minimalis
Foto: Unsplash

Hijau mint merupakan salah satu warna yang banyak digunakan untuk rumah minimalis. Warna ini akan memberikan kesan menyejukkan dalam hunianmu.

Warna hijau mint dapat kamu padukan dengan perabotan berbahan kayu, serta beberapa warna hangat lainnya, seperti warna putih, beige serta abu abu terang. Kamu dapat mengaplikasikan warna ini pada kamar tidur dan ruang bersantai.

14. Light Lilac

Warna Rumah Minimalis
Foto: mymove.com

Kamu ingin membuat kamar atau ruangan mungil di rumahmu terasa menyenangkan dan menenangkan? Light lilac menjadi salah satu warna yang dapat kamu aplikasikan.

Warna turunan dari warna lavender ini akan membuat suasana pada ruangan terasa lebih menenangkan. Kamu juga bisa memadukan warna ini dengan aksesoris perak seperti cermin atau perabotan lain seperti sofa dan meja kecil yang berwarna senada dengan warna lavender.

15. Peach

Foto: Pinterest

JIka kamu lenih suka warna yang cenderung lebih terang, mungkin warna peach bisa menjadi salah satu rekomendasi untukmu. Warna ini peach merupakan campuran antara warna merah muda dan oranye.

Untuk menambah suasana hangat pada ruangan, warna ini dapat kamu kombinasikan dengan warna linen alami pada furniturnya. Warna peach cocok untuk kamu aplikasikan pada ruang keluarga serta kamar tidur.

16. Mushroom

Warna Rumah Minimalis
Foto: Unsplash

Jika kamu ingin menyukai konsep minimalis modern, salah satu warna yang bisa kamu aplikasikan adalah warna mushroom. Warna yang merupakan perpaduan dari warna cokelat muda dengan hint keabu – abuan ini akan menambah kesan minimalis modern dalam hunianmu.

Kamu dapat menambah furnitur rumah yang berwarna soft untuk memperkuat kesan minimalis modern. Biasanya warna ini digunakan pada ruang makan dan dapur serta ruang kerja.

17. Beige

Foto: Unsplash

Beige merupakan salah satu warna netral yang banyak digunakan oleh rumah berkonsep minimalis. Warna yang dapat kamu terapkan baik pada bagian luar maupun dalam ruangan ini paling digemari karena warna ini dapat membuat kesan ruangan yang sempit menjadi lebih luas.

Warna beige juga merupakan warna yang cocok bila dipadukan dengan interior warna apapun.

18. Kuning Lemon

Foto: kompas.com

Rumah minimalis akan terlihat lebih luas dengan warna – warna cerah seperti kuning lemon. Untuk mengaplikasikan warna ini, kamu dapat membuatnya dengan pola bergaris.

Kemudian padukan dengan beberapa warna seperti abu terang, cokelat muda, putih serta kuning terang pada furnitur dan interior ruangan. Dengan paduan warna ini, dijamin ruanganmu akan terasa lebih menyenangkan dan terkesan luas.

19. Mustard

Foto: Archify

Selanjutnya ada warna mustard yang akan memberikan kesan unik pada rumahmu. Warna cat ini dapat membuat hunianmu terasa lebih menenangkan sehingga membuat penghuni rumah menjadi lebih rileks.

Kamu dapat mengaplikasikan warna ini pada kamar mandi, dapur atau kamar tidurmu.

20. Hijau Tua

Foto: Unsplash

Untuk memberikan kesan alami pada rumahmu, kamu dapat menggunakan warna hijau tua. Selain memberikan kesan alami, warna ini juga memberikan kesan elegan pada hunianmu.

Untuk melengkapinya, kamu dapat meletakkan sofa berwarna hijau muda atau putih. Selain itu kamu juga bisa meletakkan tanaman hias di dalam ruangan sebagai pemanis.

21. Taupe

Foto: Homedit.com

Taupe adalah warna perpaduan dari warna ungu dengan cokelat. Warna ini jarang digunakan oleh banyak orang pada design rumah minimalis, padahal warna ini juga bisa membuat rumahmu memiliki tampilan elegan dan berkesan sejuk.

Kamu bisa melengkapi ruangan bercat taupe ini dengan lukisan, sofa berwarna abu terang, dan furnitur berwarna putih. Selain itu bisa juga ditambahkan tanaman hias dalam ruangan.

22. Putih Tulang

Foto: Unsplash

Bagi kamu yang kurang menyukai warna putih yang terlalu terang, kamu bisa menggunakan cat berwarna putih tulang. Dan untuk mempercantik ruangan, kamu dapat mengkombinasikan warna putih tulang ini dengan warna abu – abu gelap, warna mocca pada furnitur dan interior yang akan kamu gunakan.

Sama seperti warna putih pada umumnya, warna putih tulang juga memerlukan perawatan ekstra. Hal ini untuk mencegah perubahan warna yang dapat menyebabkan rumahmu menjadi lebih suram.

23. Soft Black

Foto: Unsplash

Hitam masih menjadi salah satu warna yang banyak digunakan pada dekorasi rumah minimalis. Namun banyak yang mengkhawatirkan pengaplikasian warna ini pada hunian akan membawa kesan gelap dan suram. Padahal ada beberapa trik untuk membuat warna hitam ini menjadi lebih menarik dan hangat untuk kamu aplikasikan di dalam rumah.

Dimulai dari pemilihan warna hitam yang lebih soft, kemudian kamu dapat mengkombinasikannya dengan warna warna seperti abu terang, putih tulang, warna emas dan perak pada furnitur yang akan diletakkan di dalamnya. Selain itu pada pencahayaannya pun harus kamu perhatikan. Gunakan lampu yang terang agar rumah tidak terlihat suram. Namun jika kamu jika kamu ingin menggunkan cahaya yang minim dibeberapa bagian rumah, seperti kamar tidur, kamu dapat menambahkan beberapa lampu untuk meningkatkan pencahayaan.

Itu tadi adalah rekomendasi warna yang bisa kamu terapkan pada rumah minimalis, semoga membantumu dalam pemilihan warnanya.

Similar Posts