6 Tips Menjaga Kebersihan Rumah

Memperhatikan serta menjaga kebersihan rumah, dapat meningkatkan tingkat kenyamanan dari sebuah hunian. Tempat tinggal yang terjaga kebersihannya tentu saja akan lebih nyaman untuk ditempati bersama keluarga.

Selain memberikan kenyamanan selama beraktivitas di rumah, memperhatikan kebersihan rumah juga akan menghindari Anda dan keluarga dari masalah kesehatan. Kondisi rumah yang kotor dapat menjadi tempat bagi virus, kuman, ataupun bakteri penyebab berbagai penyakit.

Kegiatan membersihkan rumah harus dilakukan secara rutin oleh semua anggota keluarga agar rumah tetap sehat, bersih, dan nyaman. Tempat-tempat di rumah yang kebersihannya wajib diperhatikan yaitu kamar tidur, kamar mandi, dan dapur. 

Berikut ini 6 tips mudah menjaga kebersihan rumah:

Baca juga: 5 Tips Membersihkan dan Merawat Rumah di Musim Hujan

6 Tips Mudah Menjaga Kebersihan Rumah

1. Bersihkan tempat tidur di pagi hari

Menjaga kebersihan rumah dapat dilakukan dari tempat yang paling dekat dan paling sering ditempati, yaitu tempat tidur. Segera bersihkan tempat tidur setelah bangun setiap pagi dan lakukan secara konsisten. Anda juga wajib secara rutin mengganti sprei kasur, sarung bantal dan guling.

Selain itu, jangan lupa untuk membuka jendela kamar di pagi hari untuk membiarkan cahaya matahari dan udara segar masuk ke kamar tidur. Dengan begitu, kamar tidur Anda tidak lembab ataupun berjamur.

Foto: Freepik

2. Sapu dan pel lantai setiap hari

Tips kedua adalah menyapu dan mengepel lantai setiap hari. Memang terdengar sederhana, namun menyapu dan mengepel itu penting dilakukan untuk membebaskan rumah dari debu maupun kuman yang menempel di sudut rumah.

Agar lantai rumah semakin bersih dari kuman, bakteri, dan virus, Anda bisa menambahkan disinfektan pada cairan pembersih lantai. Rajin menyapu dan mengepel, akan membuat rumah menjadi lebih bersih serta wangi. 

3. Bersihkan dapur setelah memasak

Dapur merupakan tempat yang rentan kotor, maka dari itu harus dijaga kebersihannya. Usahakan untuk selalu langsung membersihkan dapur setelah Anda selesai memasak. Jangan tinggalkan dapur kotor dengan tumpahan minyak ataupun sisa bahan makanan lainnya setelah memasak.

Tak hanya itu, biasakan juga untuk segera mencuci piring serta alat makan begitu Anda dan keluarga selesai memakainya. Membiarkan bekas piring yang kotor menumpuk, di tempat cucian piring bisa mengundang kuman pembawa penyakit hingga aroma yang kurang enak.

Foto: Freepik

4. Cuci pakaian setelah dipakai

Ubah kebiasaan menumpuk pakaian-pakaian yang kotor. Daripada menumpuk pakaian kotor hingga akhir pekan, akan lebih baik jika Anda mencucinya setiap hari. Selain lebih meringankan beban Anda, berbagai kotoran yang ada pada pakaian lebih mudah dibersihkan saat dicuci langsung daripada dibiarkan berhari-hari.

5. Bersihkan kamar mandi secara rutin

Di samping kamar tidur dan dapur, tempat lainnya yang wajib mendapat perhatian lebih untuk dibersihkan adalah kamar mandi. Tentunya Anda dan keluarga menggunakan kamar mandi setiap hari untuk buang air ataupun mandi, maka kebersihannya harus selalu dijaga.

Terlebih jika ada tamu yang ikut menggunakannya. Pastikan untuk membersihkan kamar mandi secara rutin agar tidak menjadi sarang penyakit. Mulai dengan menyikat lantai serta kloset menggunakan cairan pembersih, yang mengandung disinfektan. Lalu akhiri dengan menguras bak mandi

Foto: Freepik

6. Buang sampah pada tempatnya

Sampah seringkali dianggap sepele namun hal inilah yang bisa membuat rumah kotor. Selalu biasakan diri dan ajak keluarga untuk membuang sampah pada tempatnya. Sampah bisa menjadi sumber penyakit jika dibiarkan menumpuk di rumah. Agar rumah semakin bersih dan rapi, sebaiknya pisahkan antara sampah basah dengan sampah kering. 

Itulah beberapa tips mudah untuk menjaga kebersihan rumah. Kebersihan rumah wajib dijaga agar bisa menjadi tempat yang nyaman dan sehat untuk beristirahat maupun beraktivitas.

Wujudkan rumah pertama  Anda dan keluarga bersama Gardens at Candi Sawangan; rumah pilihan para keluarga milenial. Ada berbagai pilihan tipe rumah dengan gaya modern kontemporer yang mengkombinasikan fungsi dan estetika.

Tak hanya dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai, Gardens at Candi Sawangan juga bertempat di lokasi yang strategis, akses dan mobilitas yang mudah, serta dikelilingi lingkungan yang asri dan nyaman.

Untuk informasi selengkapnya, Anda bisa menghubungi nomor berikut ini (021) 7470 7959 maupun 0812 9360 6612 (WA) atau Anda juga bisa kunjungi official website Gardens di sini.

Sumber: parapuan, Lifebuoy, hellosehat, sehataqua, alodokter

Similar Posts