kunci dan rumah

4 Langkah Mudah Membeli Rumah

Apakah Anda berencana untuk membeli rumah? Membeli rumah tidak bisa dilakukan secara tergesa-gesa, terlebih lagi jika ini adalah rumah pertama Anda.

Ada berbagai hal yang harus Anda perhatikan dan pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli rumah. Selain menjadi tempat tinggal untuk Anda dan keluarga, rumah juga bisa menjadi satu aset investasi yang menjanjikan. Maka dari itu, cermatlah saat membeli rumah dan jangan sampai salah langkah.

4 Langkah Membeli Rumah

1. Mengumpulkan informasi

Pertama-tama yang harus Anda lakukan adalah menentukan rumah yang diinginkan dan mencari informasi selengkapnya tentang rumah tersebut. Cari tahu berapa harga yang ditawarkan, sesuaikan dengan dana yang Anda miliki. Setelah itu, tentukan sistem pembayaran yang akan Anda gunakan, secara cash atau dengan KPR.

Jika Anda menggunakan sistem pembayaran KPR, maka cari tahu berapa down payment dan cicilan per bulan yang harus dibayarkan. Pastikan jumlahnya tidak membebani kondisi keuangan Anda. Selain itu, pelajari juga apa yang harus dilakukan jika memilih sistem KPR.

Namun jangan khawatir, karena biasanya pengembang properti yang Anda pilih akan membantu selama proses pengajuan KPR.

Foto: Freepik

2. Pilih developer terpercaya

Pastikan developer properti yang Anda pilih itu terpercaya dan berpengalaman. Untuk memastikannya, Anda bisa memeriksa riwayat ataupun reputasi developer dari testimoni pembeli. Cek status serta kelengkapan izin developer.

Cari tahu juga proyek-proyek yang dikerjakan, apakah pernah terjadi masalah atau tidak. Menggali informasi yang lebih dalam mengenai developer, bisa menghindarkan Anda dari penipuan.

3. Datangi lokasi rumah

Jika informasi yang Anda dapatkan dirasa belum cukup, jangan ragu untuk mendatangi lokasi rumah secara langsung. Survey lapangan ini sangat penting untuk dilakukan sebagai pertimbangan sebelum Anda membeli rumah.

Dengan datang langsung, Anda bisa memeriksa lingkungan sekitar rumah dari segi keamanan dan kenyamanan. Perhatikan juga fasilitas-fasilitas yang ada di sekitarnya. Anda juga bisa memeriksa kondisi rumah contoh secara mendetail.

Foto: Freepik

4. Periksa kelengkapan berkas

Langkah selanjutnya adalah memeriksa legalitas rumah tersebut dari kelengkapan berkas-berkasnya. Kelengkapan dokumen ini penting untuk memastikan sah atau tidaknya kepemilikan properti di mata hukum. Dokumen penting ini berupa sertifikat tanah seperti Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB) atas nama pengembang, surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB), surat Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), dan dokumen lainnya. 

Setelah merasa sangat yakin maka langkah terakhir adalah mengunjungi kantor pemasaran dari perumahan yang Anda pilih untuk mengurus proses pembelian. Proses membeli rumah ini memang tampak sulit khususnya bagi mereka yang baru membeli rumah pertama. Namun, jangan khawatir untuk wujudkan rumah impian Anda bersama keluarga di Gardens at Candi Sawangan.

Selain proses pembelian yang mudah, Gardens juga menawarkan 0% DP cukup membayar booking fee saja sebagai tanda jadi. Tersedia berbagai pilihan tipe rumah dengan gaya minimalis yang mengkombinasikan fungsi dan estetika.

Tak hanya dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai di sekitarnya, Gardens at Candi Sawangan juga bertempat di lokasi yang strategis, akses dan mobilitas yang mudah, serta dikelilingi lingkungan yang asri dan nyaman. Untuk informasi selengkapnya, Anda bisa menghubungi nomor berikut ini (021) 7470 7959 maupun 0812 9360 6612 (WA) atau Anda juga bisa kunjungi official website Gardens di sini.

Sumber: Finansialku, hukumonline.com, Kompas, glints, Rumah.com

Similar Posts