5 Manfaat Pencahayaan Alami di Rumah

Faktanya, ada banyak manfaat pencahayaan alami di rumah. Benarkah? Sebuah rumah, dikatakan sempurna apabila memberikan kenyamanan bagi para penghuninya. Ada banyak faktor yang mempengaruhinya, salah satunya dari segi pencahayaan.

Dengan pencahayaan, akan mempengaruhi tingkat produktivitas para penghuninya. Bayangkan saja, apabila rumah kurang terpapar cahaya alami dari luar, maka rumah akan terasa pengap, yang mana kurang baik untuk kesehatan.

Dikatakan bahwa tubuh manusia membutuhkan paparan cahaya pada intensitas dan waktu yang tepat. Pencahayaan alami ini bisa didapatkan dari sinar matahari. Salah satu cara untuk mendapatkannya, adalah dengan menempatkan bukaan atau jendela pada lokasi yang tepat.

Berikut ini beberapa manfaat dari pencahayaan alami pada rumah:

Beberapa Manfaat Pencahayaan Alami di Rumah

1. Membuat rumah tampak lebih luas

Manfaat pertama dari pencahayaan alami yaitu membuat rumah terkesan lebih luas. Cahaya alami dari sinar matahari, akan masuk melalui bukaan untuk menyinari sudut-sudut yang gelap sehingga ruangan akan terasa lebih luas. Jadi, meskipun rumah Anda tidak begitu luas tetapi paparan cahaya alami mampu membuatnya menjadi lebih lapang dan nyaman. 

Manfaat pencahayaan alami sangatlah banyak untuk hunian anda

Foto: Unsplash

2. Mencerahkan warna asli furnitur

Masuknya cahaya alami akan mencerahkan warna asli dari furnitur, dinding hingga dekorasi yang ada di dalam rumah. Ruangan yang gelap atau kurang terpapar sinar matahari akan membuat dinding dan furnitur terlihat lebih kusam. Selain itu, cahaya alami juga akan membuat barang-barang yang memiliki warna terasa lebih hidup, sehingga ruangan pun tampak lebih menarik.

3. Meningkatkan kesehatan 

Manfaat selanjutnya, paparan cahaya alami ke dalam rumah baik untuk kesehatan penghuninya. Masuknya sinar matahari, mampu mengurangi kelembaban pada ruangan. Ruangan yang lembab, biasanya menjadi tempat berkembangnya bakteri dan jamur yang dapat mengancam kesehatan. Selain itu, sinar matahari juga baik untuk menjaga sistem imun tubuh. 

Baca Juga: Menciptakan Perumahan Asri untuk Hunian Anda

Foto: Freepik

4. Menghemat energi dan biaya

Penggunaan cahaya alami di dalam rumah, bisa menghemat energi dan biaya listrik. Dengan memanfaatkan penerangan secara alami, maka biaya penggunaan listrik dari cahaya buatan seperti lampu juga akan berkurang.

5. Memperbaiki suasana hati

Terakhir, cahaya alami mampu meningkatkan suasana hati atau mood penghuni rumah. Pernah merasa tidak semangat dalam menjalankan aktivitas ketika berada di dalam rumah? Hal tersebut bisa saja terjadi karena rumah Anda kurang mendapat paparan sinar matahari. Cahaya alami yang masuk ke dalam rumah dipercaya mampu memperbaiki mood hingga membuat penghuni lebih semangat dalam beraktivitas. 

Foto: Unsplash

Itulah 5 manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menerapkan pencahayaan alami di dalam rumah. Wujudkan hunian impian Anda di Gardens at Candi Sawangan. Ada berbagai pilihan cluster rumah dengan gaya minimalis yang mengkombinasikan fungsi dan estetika.

Salah satu klaster terbaru Gardens yaitu Evergreen Smart Living, sudah dilengkapi dengan area balkon untuk memberikan kenyamanan dalam beraktivitas di rumah bagi para penghuninya. Tak hanya itu, Gardens at Candi Sawangan juga dilengkapi berbagai fasilitas yang memadai di sekitarnya, bertempat di lokasi yang strategis akses dan mobilitas yang mudah, serta dikelilingi lingkungan yang asri dan nyaman.

Untuk informasi selengkapnya, bisa kunjungi website official Gardens. Hanya dengan Gardens, Anda bisa rasakan berbagai manfaat pencahayaan alami di dalam rumah.

Sumber: Arsitag, rumah123, interiordesign.id, GNET

Similar Posts