|

Apa Itu Perumahan Cluster? Ini Ciri-Ciri dan Kelebihannya

Jika berbicara tentang hunian idaman, saat ini terdapat banyak pilihan jenis hunian yang bisa kamu sesuaikan dengan keinginan serta budget yang kamu punya. Mungkin kamu sudah mengetahui, ada tiga jenis tipe hunian yang sering ditawarkan oleh developer properti. Ketiga jenis hunian tersebut adalah perumahan cluster, townhouse dan residence.

Tidak sedikit yang memiliki persepsi bahwa ketiga jenis hunian ini merupakan jenis perumahan yang sama. Namun kalau kita melihat lebih detail lagi, perumahan cluster, townhouse dan residence memiliki perbedaan yang sangat jelas.

Bila saat ini kamu sedang mencari hunian, perumahan cluster bisa masuk kedalam daftar pencarianmu. Perumahan cluster saat ini memiliki angka penjualan yang tinggi karena kelebihan yang ditawarkan oleh perumahan jenis ini sangat menarik. Untuk itu sebelum kamu memutuskan membelinya, simak ulasan berikut ini tentang kelebihan rumah cluster dan perbedaan dari dua tipe hunian lainnya!

Apa Itu Perumahan Cluster?

Menurut pengertian secara umum, perumahan cluster atau rumah cluster adalah perumahan yang dibangun dalam satu lingkungan yang sama, memiliki bentuk bangunan yang serupa dengan design modern.

Dalam satu komplek, biasanya rumah cluster dibangun dengan jumlah unit yang terbatas. Tujuannya supaya penghuni perumahan cluster merasa nyaman dengan lingkungan yang tidak padat. Dan perumahan ini dibangun pada area yang masih asri namun letaknya dekat dengan akses menuju pusat kota.

Lalu bagaimana kamu mengenali perumahan cluster tersebut? Coba simak ulasan lengkap berikut ini yuk!

Baca juga : Cluster Saviya Gardens

4 Ciri – Ciri Perumahan Cluster

Perumahan Cluster Gardens at Candi Sawangan
Perumahan Cluster Gardens at Candi Sawangan

Jika kamu masih bingung membedakan perumahan cluster dengan jenis perumahan lainnya, berikut penjelasan lebih detail tentang karakteristik perumahan cluster.

1. Konsep Rumah Dibangun Serupa

Sesuai dengan pengertiannya, unit rumah kluster yang ada dalam satu komplek dibangun dengan konsep design bangunan yang serupa, dan bila berbeda area komplek, konsep designnya pun akan berbeda pula dari design sebelumnya. Hal ini sengaja dilakukan oleh pengembang agar menjadi daya tarik pada setiap komplek rumah kluster yang dibangun dan memberikan pembedaan dengan kluster lain.

2. Sistem Keamanan dengan One Gate System

Rumah kluster juga memiliki sistem satu pintu akses masuk dan keluar, atau yang kita kenal dengan one gate system, ini bertujuan untuk mengontrol keamanan pada perumahan. Pada gerbang masuk dijaga oleh petugas keamanan yang menjaga selama 24 jam. One gate system ini memudahkan petugas untuk mengontrol siapa saja yang masuk dan keluar pada area perumahan, sehingga penghuni merasa aman dan nyaman karena tidak sembarang orang dapat memasuki area perumahan. Pada gerbang masuk juga dilengkapi dengan kamera CCTV untuk merekam setiap orang yang memasuki area perumahan.

Baca juga: LINDUNGI RUMAH DARI MALING DENGAN 5 TIPS INI

3. Jumlah Rumah yang Dibangun

Rumah kluster biasanya memiliki jumlah unit yang lebih banyak dibandingkan dengan townhouse yang memiliki unit rumah yang terbatas. Unit rumah pada perumahan ini bisa berjumlah puluhan bahkan bisa mencapai ratusan, dan biasanya dibagi kedalam beberapa sub komplek.

4. Tidak Ada Pagar yang Membatasi Setiap Rumah

Ciri lain pada rumah kluster adalah tidak adanya pagar untuk membatasi setiap unit rumah. Hal ini dikarenakan konsep perumahan yang menggunakan one gate system, sehingga pagar pada setiap rumah tidak diperlukan lagi. Satu – satunya pagar yang membatasi setiap unit adalah dinding beton pada area luar unit rumah dan pada area luar komplek dibatasi dinding tinggi yang mengitari area kompleknya.

Kelebihan Perumahan Cluster yang Nyaman

Rumah kluster menawarkan banyak kelebihan yang cukup memuaskan untukmu sebagai penghuni. Lalu apa saja kelebihan jika kamu tinggal di perumahan cluster ini?

1. Keamanan Perumahan yang Terjamin

Seperti yang sudah kamu ketahui, perumahan cluster menggunakan one gate system untuk sistem keamanannya, ini berarti perumahan ini mempunyai tingkat keamanan yang tinggi. Tidak hanya itu saja, petugas keamanan pun akan berpatroli di sekitar rumahmu. Sehingga kamu sebagai penghuni tidak perlu khawatir lagi dan benar – benar merasa aman saat tinggal di perumahan ini.

2. Lingkungan yang Aman dan Nyaman Bagi Anak – Anak

Lingkungan perumahan kluster yang tidak sembarang orang dapat masuk, membuat perumahan ini menjadi lingkungan yang aman dan nyaman untuk anak – anak. Karena kamu tidak perlu khawatir lagi akan kendaraan umum banyak berlalu lalang yang dapat membahayakan anak – anak saat bermain di luar rumah.

3. Fasilitas Lengkap Bagi Penghuni

Kelebihan lain dari perumahan ini adalah tersedianya fasilitas yang lengkap bagi para penghuninya. Mulai dari ruang hijau terbuka, jogging track, playground untuk anak – anak, kolam renang sampai fasilitas gym serta fasilitas lain. Area perumahan cluster juga dilengkapi dengan CCTV selama 24 jam.

4. Minim Polusi Udara

Perumahan kluster biasanya sengaja didesain dengan banyak lahan terbuka hijau yang ditumbuhi pepohonan rindang, sehingga membuat perumahan ini menjadi lebih nyaman dan minim polusi udara. Selain itu, lingkungannya pun terasa lebih tenang.

Perbedaan Perumahan Cluster dan Jenis Lainnya

Saat hendak memutuskan untuk membeli unit rumah yang kamu inginkan, pastinya kamu akan mencari informasi lebih lanjut mengenai rumah jenis seperti apa yang cocok untukmu dan keluarga. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ada tiga tipe jenis perumahan yang sedang menjadi incaran saat ini. Dan sekarang, mari kita simak perbedaan rumah cluster dengan jenis perumahan lainnya.

Perumahan Cluster vs Townhouse

Ilustrasi Townhouse (Sumber: Unsplash)

Kalau tadi kita sudah membahas secara detail mengenai perumahan cluster, kini kita simak perbedaan perumahan cluster dengan jenis lainnya seperti townhouse.

Townhouse merupakan komplek perumahan yang dibangun secara berderet dan memiliki jumlah unit yang terbatas, biasanya berjumlah puluhan saja. Townhouse jelas memiliki perbedaan yang mencolok dari perumahan cluster. Untuk lebih jelasnya, kita simak detail perbedaan townhouse dengan rumah cluster dibawah ini:

Rumah ClusterTownhouse
Memiliki bentuk bangunan dan design yang serupa. Biasanya setiap unit hanya memiliki dua lantai saja.Memiliki bangunan yang terhubung satu sama lain dalam satu baris, biasanya disetiap unit memiliki dua atau tiga lantai.
Penghuni biasanya membayar iuran kepada paguyuban penghuni untuk pemeliharaan ruang bersama dan fasilitas umum lain.Pemilik townhouse harus berbagi dan menggunakan bersama – sama salah satu area tanah dan properti.
Unit rumah kluster biasanya dibangun dengan jumlah yang terbatas, berkisar 50 – 100 unit saja.Unit townhouse dibangun dengan jumlah yang lebih sedikit dibanding unit rumah kluster.
Pemilik unit kluster memiliki privasi serta area unit rumah yang lebih lapang dan nyaman.Lahan atau area parkir unit, biasanya dijual bersama dengan unit townhouse.
Rumah kluster mirip dengan kondominium namun bentuknya adalah landed house bukan apartmen. Bentuknya dapat bertingkat atau rumah semi-terpisah.Pemilik townhouse memiliki area rumah yang terbatas hanya pada halaman depan dan belakang.

Perumahan Cluster vs Residence

Ilustrasi Residence (Sumber: Unsplash)

Berbeda dengan townhouse, kamu akan jauh lebih mudah mengenali perbedaan dari perumahan cluster dengan residence. Residence merupakan perumahan yang dibangun dalam satu kawasan dengan jumlah unit berkisar puluhan hingga ratusan. Biasanya unit rumah residence memiliki design minimalis dan sederhana. Untuk menambah wawasanmu mengenai perbedaan rumah cluster dengan residence, berikut kami berikan penjelasannya:

Perumahan ClusterResidence
Kluster dibangun serta didesign dengan bentuk yang serupa dan memiliki model bangunan yang disesuaikan dengan perkembangan zaman.Residence adalah kelompok rumah yang dibangun dengan design dan gaya minimalis serta sederhana. Biasanya tipe rumah yang dibangun, memiliki ukuran yang sama.
Biasanya perumahan kluster dibangun di daerah atau kawasan yang masih cukup ramai serta dekat dari fasilitas transportasi publik.Residence dibangun pada daerah atau wilayah yang berada di pinggiran kota. Lingkungannya pun masih asri.
Terdapat fasilitas umum yang lengkap di dalam area komplek perumahan.Fasilitas umum yang disediakan biasanya hanya rumah ibadah dan playground untuk anak.
Unit rumah dibangun dengan jumlah yang terbatas.Jumlah unit yang dibangun dalam satu area komplek cenderung lebih banyak dibandingkan rumah kluster serta townhouse.
Batas pemisah antar rumah hanya berupa dinding beton dan tidak terdapat pagar di luar rumah.Batas pemisah antar rumah berupa pagar.

Kesimpulan

Dapat disimpulkan, perumahan kluster adalah unit rumah yang dibangun dalam satu kawasan dan memiliki design yang sama serta mempunyai lingkungan yang tenang dan asri. Oleh karena itu perumahan ini menjadi perumahan yang banyak diminati karena konsep tersebut. Tak heran banyak perusahaan pengembang yang semakin banyak membangun komplek rumah kluster untuk ditawarkan.

Demikian ulasan mengenai pengertian perumahan cluster, semoga bisa menambah wawasan kamu untuk menentukan jenis hunian yang akan dibeli.

Similar Posts