investment
| |

10 Cara Menabung Untuk Beli Rumah

Menabung bukanlah hal yang lumrah lagi sampai saat ini karena ajaran untuk menabung sudah ditanamkan dari kita sejak kecil. Meskipun begitu, banyak hal yang membuat menabung jadi batal dikarenakan tidak ada niat dalam diri yang kuat. Bisa dibilang menabung adalah hal yang mudah-mudah dan susah juga. Selain banyaknya godaan di luar sana, ada pula yang tidak tahu bagaimana caranya menabung yang benar. Padahal banyak hal yang ingin kita capai, salah satunya cara menabung untuk beli rumah impian.

Alih-alih mencari tips dan triknya yang sangat panjang. Di artikel gardens ini, sudah kita rangkum kiat-kiat yang terdiri dari 10 cara untuk menabung beli rumah. Jadi, yuk langsung scroll ke bawah ini ya!

Baca Juga: Cek 5 Dokumen Penting Ini Saat Membeli Rumah

1. Rencanakan Harga Rumah Yang Ingin Dibeli

langkah 1 untuk cara menabung beli rumah
source: gardens.id

Salah satu hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah menentukan harga rumah yang ingin kamu beli. Dengan menentukan harganya, hal ini bisa memberikan motivasi bagi kamu untuk lebih konsisten dalam cara menabung untuk beli rumah impian kamu. Hal ini juga menjadi target kamu untuk tahu batas menabung yang akan kamu lakukan. Masih bingung cari hunian modern yang cocok untuk anak millenial, gardens menyediakan hunian affordable yang berkonsep Smart Home juga.

2. Tentukan Jangka Waktu Menabung

Sesudah merincikan harga-harga yang sesuai dengan budget, langkah selanjutnya menentukan waktu. Adakalanya menjadi hal yang penting untuk menentukan jangka waktu dalam cara untuk menabung untuk beli rumah. Tentu hal ini juga dapat menjadi salah satu motivasi tambahan. Dengan mengetahui jangka waktu, kita pun akan selalu yakin bahwa dengan menyelesaikannya akan ada hasil yang bisa kita lihat kedepannya.

3. Tentukan Instrumen Untuk Penyimpanan Uang

Sekarang ini sudah banyak orang berinvestasi. Investasi menjadi hal yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Investasi dapat dilakukan untuk menambah penghasilan kamu dan untuk tabungan masa jangka panjang yang baik. Kamu bisa menentukan instrumen yang cocok untuk kamu menabung beli rumah seperti tabungan di bank, deposito, atau saham. Bagi kamu yang memilih berinvestasi, emas merupakan salah satu investasi yang berjangka panjang.

4. Belanja Cerdas

langkah 4 untuk cara menabung beli rumah
source: istockphoto.com

Tahu gak sih kamu belanja cerdas juga bisa jadi salah satu tips nih? belanja cerdas disini bukan hanya memanfaatkan promotion saja, namun kamu memilih barang yang ada nilainya di masa mendatang. Kamu bisa memilih suatu barang yang memiliki nilai investasi tinggi di masa depan. Jadi, selain bermanfaat, kamu pun bisa mengganti dengan barang yang baru nanti dan juga mendapatkan keuntungan lagi nanti.

5. Pertimbangkan Penghematan Dalam Biaya Bulanan

Selagi menghitung budget untuk pembelian rumah, kamu bisa memberikan angka yang pasti supaya keuangan stabil. Contohnya, kamu akan menyisihkan uangmu sebanyak 40% misalnya dari uang bulanan. Jika hal ini berjalan konsisten, tentu uang bulanan pun semakin aman.

Baca Juga: Generasi Milenial Ingin Beli Rumah Sendiri? Ikuti 5 Tips Ini!

6. Menghilangkan Kebiasaan Buruk

Salah satu kebiasaan buruk yang bisa menghambat cara menabung untuk beli rumah adalah menciptakan hal-hal yang buruk. Hal-hal seperti membeli makanan di luar, tertarik dengan promo, bahkan membeli sesuatu yang sungguh tak berguna bagi diri kita harus kita hindari. Menarik diri dan membiasakan dengan memasak akan sangat membantu kita fokus pada hal yang utama tadi.

7. Lunasi Semua Hutang

langkah 7 untuk cara menabung beli rumah
source: istockphoto.com

Untuk menjauhkan dari yang namanya kegagalan dan hambatan, ada baiknya buang jauh-jauh dengan hutang-hutang yang berjalan. Lunasi semua hutang supaya tidak menghambat impian membeli rumah. Meskipun sudah banyak cara yang dilakukan, namun tak bisa dipungkiri salah satu yang dapat mengganggu pengeluaran sehari-hari adalah banyaknya hutang. Kamu pasti gak mau kan hidup dalam bayang-bayang hutang nanti?

8. Jadikan Ruangan Kosong atau Parkiran Sebagai Sumber Uang

Ada banyak aplikasi yang sangat membantu kamu saat ini. Salah satu aplikasi yang wajib kamu coba untuk membantu cara nabung untuk beli rumah adalah Airbnb. Jika kamu ingin menyewakan ruangan kosong atau parkiran sebagai penghasilan tambahan, ini adalah aplikasi yang tepat. Dimana kamu bisa mengatur jadwal dan tamu langsung bisa mengisi disana juga saat ia sedang menggunakan ruangannya.

9. Cari Pekerjaan Sampingan

work
source: istockphoto.com

Jika dirasa pekerjaan utama kamu belum mampu untuk mencukupi beli rumah. Kamu bisa banget untuk mencari pekerjaan tambahan. Pekerjaan seperti freelance menulis atau editing video bisa dilakukan saat waktu senggang. Pekerjaan lain seperti part time mengajar dan jadi driver online aplikasi juga banyak diminati oleh kalangan muda saat ini.

10. Lakukan Investasi

langkah 10 (terakhir) untuk cara menabung beli rumah
source: gardens.id

Investasi sudah banyak dilakukan oleh orang saat ini dari yang muda sampai yang tua. Aplikasi yang memudahkan pemula pun sudah banyak beredar saat ini. Sekarang tinggal kamu yang mau menjalaninya atau tidak, berani apa tidak meletakkan uang kamu disana. Tak bisa dipungkiri di luar sana banyak orang yang sukses dengan berinvestasi. Kamu bisa coba untuk melakukannya dengan cara yang paling mudah dan aman. Investasi jangka panjang yang cocok untuk pemula adalah reksadana.

10 cara menabung untuk beli rumah sudah diulas diatas. Apapun caranya nanti, berapapun harga rumah yang akan kamu beli dan waktu lamanya seperti apa, selalu konsisten dan sisihkan penghasilan bulananmu, niscaya dengan kerja keras dan usahamu pasti rumah impianmu akan terwujud. Good Luck !!

Similar Posts