Belajar Mengelola Keuangan dan Dapatkan Rumah Idaman

Memiliki rumah pribadi tentunya menjadi harapan dan impian bagi banyak orang, utamanya bagi mereka yang sudah berkeluarga. Tak hanya itu, kepemilikan rumah pribadi di usia tertentu bahkan sering dianggap sebagai suatu pencapaian. Selain menjadi tempat tinggal, rumah juga bisa menjadi satu aset investasi yang sangat menjanjikan. Namun, kenyataannya memiliki rumah tidak semudah itu apalagi dengan harganya yang selalu naik setiap tahunnya. Kesalahan dalam mengelola keuangan juga seringkali menjadi masalah lainnya. Jika Anda belum bisa mengatur keuangan dengan benar maka impian untuk memiliki rumah idaman akan sulit diwujudkan. Berikut ini beberapa tips mengelola keuangan dengan baik agar bisa cepat membeli rumah:

5 Tips Mengelola Keuangan dengan Baik

1. Buat Rencana Keuangan

Sebelum menyiapkan dana untuk membeli rumah, ada baiknya Anda membuat rencana keuangan untuk mencatat setiap pemasukan dan pengeluaran. Pastikan kebutuhan bulanan seperti biaya makan, minum, ataupun biaya transportasi terpenuhi. Hentikan pola hidup konsumtif, kenali apa saja yang benar-benar Anda butuhkan. Setelah rencana keuangan sudah jelas, Anda bisa menentukan anggaran dana untuk membeli rumah.

Foto: Freepik

2. Tentukan Target Rumah

Ketika rencana keuangan sudah ada, langkah selanjutnya mengelola keuangan adalah melakukan survey untuk rumah yang akan dibeli. Jika berniat menggunakan program KPR, maka Anda harus mencari tahu berapa DP dan besar cicilan yang harus Anda bayarkan. Pilihlah rumah yang sesuai dengan budget, jangan sampai mengganggu kebutuhan bulanan Anda.

3. Mengelola Keuangan dengan Mempersiapkan Tabungan Khusus

Kebanyakan orang kesulitan untuk membeli rumah karena dananya menyatu dengan biaya kebutuhan sehari-hari. Maka dari itu, siapkan rekening yang berbeda khusus untuk persiapan membeli rumah. Usahakan juga untuk selalu menabung di awal bulan. Dengan begitu, Anda bisa lebih disiplin dan konsisten dalam menabung untuk mewujudkan rumah impian.

Foto: Freepik

4. Hindari Berhutang

Agar fokus dalam menabung untuk membeli rumah, pastikan Anda tidak memiliki hutang ataupun cicilan yang belum lunas. Apabila Anda masih memiliki hutang maka sebaiknya dilunasi terlebih dahulu. Selain bisa menjadi beban keuangan, hutang juga dapat mengganggu tabungan pembelian rumah.

5. Mencari Penghasilan Tambahan

Untuk menambah pundi-pundi tabungan, Anda bisa mencari penghasilan tambahan. Penghasilan tambahan ini bisa didapatkan dengan melakukan kerja sampingan atau membangun usaha sendiri. Dengan begitu, kegiatan mengelola keuangan pun menjadi lebih mudah.

Foto: Freepik

Itulah beberapa tips dalam mengelola keuangan yang bisa Anda ikuti. Tekad yang kuat dan kedisiplinan dalam menabung merupakan kunci utama untuk membeli rumah impian. Ingin miliki hunian murah yang berkualitas? Wujudkan hunian impian Anda di Gardens at Candi Sawangan. Ada berbagai pilihan tipe rumah dengan gaya minimalis yang mengkombinasikan fungsi dan estetika. Tak hanya dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai di sekitarnya, Gardens at Candi Sawangan juga bertempat di lokasi yang strategis, akses dan mobilitas yang mudah, serta dikelilingi lingkungan yang asri dan nyaman. Untuk informasi selengkapnya, Anda bisa menghubungi nomor berikut ini (021) 7470 7959 maupun 0812 9360 6612 (WA) atau Anda juga bisa kunjungi official website Gardens di sini.

Sumber: Ruangmom, Merdeka, IDX Channel, Harian Haluan, CIMB Niaga

Similar Posts