plant growing in coins glass

4 Alasan Pentingnya Melakukan Investasi di Usia Muda

Anak-anak muda biasanya dikenal dengan gaya hidup yang boros dan konsumtif, hingga lupa mempersiapkan diri untuk menghadapi masa yang akan datang. Banyak dari mereka tidak tahu bagaimana cara mengatur keuangan, malas menabung, dan tidak melek investasi. Padahal seiring berjalannya waktu, kebutuhan akan terus bertambah, tidak akan cukup jika hanya mengandalkan gaji. Maka dari itu, memiliki perencanaan finansial yang baik, sangat diperlukan untuk menghadapi kehidupan di masa depan yang penuh dengan ketidakpastian. Dan berinvestasi merupakan salah cara untuk menjaga kondisi keuangan. Berikut ini beberapa alasan pentingnya melakukan investasi sejak dini:

Foto: Freepik

Untuk mengatasi kebutuhan darurat

Investasi sejak dini penting dilakukan untuk mengatasi berbagai permasalahan atau kebutuhan mendesak di masa yang akan datang. Pada dasarnya, berinvestasi itu sama halnya dengan menabung. Jadi, jika di kemudian hari Anda dihadapkan pada kebutuhan yang tidak terduga maka tabungan atau dana darurat ini bisa digunakan. Situasi pandemi COVID-19 yang masih kita hadapi saat ini, merupakan salah satu contoh situasi tak terduga. Keadaan ini menuntut kita untuk memenuhi kebutuhan tambahan khususnya masalah kesehatan. Tanpa memiliki tabungan darurat dari berinvestasi ini tentunya akan membuat kita mengalami kesulitan keuangan. 

Untuk menjamin kehidupan di hari tua

Usia muda adalah usia yang produktif untuk bekerja keras mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya. Lalu di hari tua nanti ada masanya Anda harus pensiun. Agar kerja keras tidak berlalu dengan sia-sia, lakukanlah investasi untuk mengumpulkan dana pensiun. Dengan berinvestasi di usia muda artinya Anda sedang mempersiapkan diri untuk memiliki kehidupan yang nyaman dan cerah secara finansial di masa tua.

Foto: Freepik

Untuk mencapai kebebasan finansial

Mencapai financial freedom tentunya menjadi keinginan semua orang, yaitu ketika seseorang memiliki kekayaan yang dapat memenuhi segala kebutuhan tanpa harus bekerja secara aktif lagi. Investasi di usia muda bisa menjadi salah satu jalan untuk meraih kebebasan finansial. Mulailah berinvestasi sejak dini daripada menghabiskan masa muda dengan kehidupan yang konsumtif.

Untuk melatih diri dalam mengatur keuangan

Selain bisa menjadi passive income, investasi juga dapat mengajarkan Anda bagaimana caranya untuk mengelola keuangan dengan baik. Saat Anda sudah terbiasa menyisihkan sebagian dari penghasilan untuk investasi, maka Anda menjadi lebih cermat dan hati-hati dalam menggunakan uang. Anda akan lebih peka dalam menentukan keperluan atau kebutuhan apa saja yang menjadi prioritas.

Foto: Freepik

Ada berbagai instrumen investasi yang dapat Anda lakukan seperti:  emas, reksa dana, saham, deposito, dan obligasi. Salah satu instrumen investasi yang populer yaitu investasi properti. Investasi ini dikatakan sangat menjanjikan karena harga properti yang akan selalu meningkat setiap tahunnya. Wujudkan hunian impian Anda di Gardens at Candi Sawangan. Ada berbagai pilihan tipe rumah dengan gaya minimalis yang mengkombinasikan fungsi dan estetika. Tak hanya dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai di sekitarnya, Gardens at Candi Sawangan juga bertempat di lokasi yang strategis, akses dan mobilitas yang mudah menuju kota Jakarta, serta dikelilingi lingkungan yang asri dan nyaman. Untuk informasi selengkapnya, Anda bisa menghubungi nomor berikut ini (021) 7470 7959 maupun 0812 9360 6612 (WA) atau Anda juga bisa kunjungi official website Gardens di sini.

Sumber: Kumparan, IDX Channel, Generali.co.id, Jalin.co.id

Similar Posts